Sosialisasi redenominasi butuh waktu minimal 6 tahun

Rabu, 23 Januari 2013 - 12:40 WIB
Sosialisasi redenominasi butuh waktu minimal 6 tahun
Sosialisasi redenominasi butuh waktu minimal 6 tahun
A A A
Sindonews.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution menuturkan, kebijakan redenominasi rupiah baru bisa dilaksanakan paling cepat 6 tahun lagi. Karena untuk sosialisasi redenominasi rupiah membutuhkan waktu yang amat panjang.

"Belum pasti (kapan dijalankan), masa sosialisasi paling cepat 6 tahun, sebenarnya bisa 10 sampai 12 tahun sampai keluar uang baru di pasaran," kata Darmin usai konsultasi publik Redenominasi Bukan Sanering di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (23/1/2013).

Darmin menambahkan, pemerintah tak ingin terburu-buru dalam melaksanakan redenominasi karena akan berakibat fatal bila masyarakat tidak benar-benar memahaminya. "Karena ini adalah suatu program yang masyarakat harus percaya, kalau buru-buru masyarakat akan khawatir," lanjutnya.

Dia pun meminta semua pihak tidak menakut-nakuti masyarakat dengan membelokan makna redenominasi. "Janganlah perusahaan-perusahaan meracuni masyarakat dengan iklan-iklan yang seperti membeli rumah sebelum redenominasi," ujar Darmin.

Mengenai anggaran yang dibutuhkan untuk program redenominasi, Darmin mengaku tidak mengetahuinya. "Kalau BI ditanya anggaran, susah jawabnya," tukas dia.

Untuk 2013 ini, pemerintah hanya akan melakukan sosialisasi redenominasi dan meneruskan pembahasan UU Perubahan Mata Uang. "Targetnya 2013 yang akan melakukan pembahasan UU serta sosialisasi publik berjalan," jelas Darmin.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8969 seconds (0.1#10.140)