Wamendag desak harga BBM subsidi dinaikkan

Senin, 04 Februari 2013 - 13:34 WIB
Wamendag desak harga BBM subsidi dinaikkan
Wamendag desak harga BBM subsidi dinaikkan
A A A
Sindonews.com - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Krisnamurthi mendesak pemerintah segera menyikapi harga BBM subsidi agar neraca perdagangan tidak terus mengalami defisit.

Menurut Bayu, konsumsi BBM subsidi yang semakin membengkak dan harga minyak dunia yang tidak stabil membuat nilai impor migas semakin besar hingga membahayakan neraca perdagangan.

"Neraca perdagangan kita, dalam konteks impor BBM, kita masih akan mengalami tekanan kalau tidak segera disikapi," ujar Bayu dalam konferensi pers di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (4/2/2013).

Bayu berharap surplus dari ekspor non migas bisa menutupi defisit dari perdagangan migas. "Mudah-mudahan non migas dan profil ekspor secara keseluruhan bisa meredam tekanan di migas," katanya.

Sebagai catatan, pada 2012 lalu, Indonesia mengalami defisit neraca perdagangan hingga USD1,6 miliar. Defisit ini dipicu oleh meningkatnya defisit perdagangan migas yang mencapai USD5,6 miliar. Sementara, perdagangan di sektor non migas mengalami surplus USD4 miliar.

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardojo telah memperingatkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik agar benar-benar menjaga kuota BBM subsidi. Bila kuota BBM subsidi kembali jebol pada tahun ini, Agus tidak menutup kemungkinan akan mengambil langkah menaikkan harga BBM subsidi.

"Kalau pengelolaan BBM tidak bisa dikelola dengan baik, harus terjadi penyesuaian harga. Kalau semua upaya tidak bisa mngendalikan itu, ya kita sesuaikan," tegas Agus beberapa waktu lalu.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7510 seconds (0.1#10.140)