Pertemuan petinggi APEC bahas Bogor Goals

Senin, 11 Februari 2013 - 11:43 WIB
Pertemuan petinggi APEC bahas Bogor Goals
Pertemuan petinggi APEC bahas Bogor Goals
A A A
Sindonews.com - Pertemuan pertama APEC Tingkat Pejabat Tinggi pada 2013 (APEC Senior Official Meeting /SOM-1) telah berlangsung pekan kemarin (6-7 Februari 2013), di Ritz Carlton, Jakarta. Pertemuan tersebut membahas beberapa agenda utama, antara lain pencapaian Tujuan Bogor (Attaining the Bogor Goals).

"Sebagai tuan rumah APEC 2013, Indonesia pro-aktif dalam mengajukan usulan-usulan yang kontributif terhadap asas pertumbuhan dan pemerataan di kawasan Asia-Pasifik. Tetunya yang sejalan dengan tema keketuaan Indonesia pada forum APEC tahun ini, yaitu mewujudkan Asia-Pasifik yang tangguh, lokomotif pertumbuhan ekonomi dunia," ujar Direktur Kerja sama Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan, Iman Pambagyo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (11/2/2013).

Rangkaian SOM-1 Indonesia mempertegas usulan yang disampaikan pada sidang Komite Perdagangan dan Investasi APEC tiga hari sebelumnya, yaitu tentang pentingnya pelaksanaan studi dan trade policy dialogue (TPD) APEC pada 2013. Tujuannya, untuk mempromosikan beberapa produk pertanian yang pro-environment, pro-trade, pro development, dan pro-poor.

Iman menggarisbawahi, dalam rangka pelaksanaan prioritas APEC 2013 bagi pencapaian Tujuan Bogor dan pembangunan yang berkeadilan (growth with equity), studi dan TPD APEC diharapkan mampu mengidentifikasi dan mendorong kesepakatan APEC tentang pentingnya memajukan perdagangan dan investasi pada produk-produk pertanian berwawasan lingkungan yang memberikan dampak langsung pada peningkatan kesejahteraan kalangan produsen miskin, khususnya petani.

Selain pencapaian Tujuan Bogor, pertemuan tersebut juga membahas pembangunan berkelanjutan yang adil (Achieving Sustainable Growth with Equity), peningkatan konektivitas Asia-Pasifik, dan pengembangan kerja sama ekonomi dan teknik.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3797 seconds (0.1#10.140)