Garuda raih penghargaan penerbangan haji terbaik

Kamis, 14 Februari 2013 - 15:28 WIB
Garuda raih penghargaan penerbangan haji terbaik
Garuda raih penghargaan penerbangan haji terbaik
A A A
Sindonews.com - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk meraih penghargaan The Best Airline dalam pelaksanaan penerbangan haji, yang diberikan Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil Arab Saudi (General Authority of Civil Aviation/GACA) dan King Abdul Aziz International Airport, Jeddah.

Penghargaan tersebut diberikan atas kinerja Garuda Indonesia yang baik selama pelaksanaan penerbangan haji pada 2012. Penghargaan disampaikan oleh Direktur Jenderal King Abdulaziz International Airport, HE Abdulhameed H Abalary kepada General Manager Garuda Indonesia Arab Saudi Fikdanel Taufik.

VP Corporate Communication Garuda Indonesia, Pujobroto mengatakan, penghargaan diberikan berdasarkan penilaian GACA terhadap tiga aspek, yaitu perencanaan penerbangan haji, operasional dan pelayanan (service), dan tingkat ketepatan penerbangan (On-Time Performance/OTP).

"Garuda Indonesia dinilai memiliki tingkat OTP paling tepat waktu, baik dalam fase kedatangan (arrival) maupun keberangkatan (departure), serta terbaik dalam sistem/prosedur penanganan penumpang pada saat kedatangan maupun keberangkatan," kata Pujo dalam keterangan rilisnya di Jakarta, Kamis (14/2/2013).

Selain itu, Garuda Indonesia juga dinilai memiliki perencanaan operasional yang baik karena dapat memanfaatkan utilisasi slot atau schedule penerbangan haji hingga 100 persen (maksimal), meskipun jamaah haji yang dilayani mencapai 295 kloter.

Sebelumnya, selama tiga tahun berturut-turut, pada pelaksanaan penerbangan haji 1430 H/2009 hingga 1432 H/2011 lalu, Garuda Indonesia juga memperoleh apresiasi dari GACA Arab Saudi untuk kategori Excellent Service and Cooperation.

"Garuda Indonesia merupakan maskapai yang mengangkut jamaah haji dengan jumlah terbesar, yaitu sebanyak 112,473 orang yang tergabung dalam sekitar 295 kelompok terbang (kloter) dari 10 embarkasi," imbuhnya.

Sepanjang musim haji 1433 H/2012, Garuda Indonesia telah menyelesaikan penerbangan haji dengan tingkat OTP secara keseluruhan sebesar 85 persen. Hal ini berarti terjadi peningkatan ketepatan penerbangan dibandingkan pelaksanaan penerbangan haji tahun 2011, yaitu sebesar 83,3 persen.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3407 seconds (0.1#10.140)