PT KAI akan prioritaskan kereta barang

Selasa, 26 Februari 2013 - 16:12 WIB
PT KAI akan prioritaskan kereta barang
PT KAI akan prioritaskan kereta barang
A A A
Sindonews.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) ingin merubah fungsi dan peranan layanannya. Jika selama ini berorientasi pada kereta penumpang, ke depan mereka akan lebih banyak melayani kereta untuk kepentingan bisnis.

Humas PT KAI Daops 5 Yogyakarta, Sri Winarto mengatakan, layanan kepada penumpang dan barang telah menjadi bagian yang harus dilakukan oleh KAI. Selama ini porsi kereta penumpang lebih mendominasi dengan prosentase 60 persen dan barang 40 persen.

“Kedepan prosentase ini akan dibalik, dan kereta barang lebih diutamakan,” jelas Winarto di Yogyakarta, Selasa (26/2/2013).

Untuk memaksimalkan layanan ini, PT KAI akan menambah sekitar 144 lokomotif baru. Sebanyak 44 lokomotif akan dioperasionalkan di Sumatera dan 100 lokomotif di Jawa. Mereka juga masih akan menambah gerbong datar untuk layanan kereta barang.

Setiap gerbong ini akan dipakai untuk mengangkut peti kemas atau container dengan bobot mencapai 40 ton per gerbong. “Sekarang kita baru memiliki 700 unit gerbong datar dan kebanyakan dipakai di jaur utara Jawa,” tandasnya.

Gerbong-gerbong ini, sebagian akan diproduksi di dalam negeri oleh PT Inka. Sebagian lainnya akan diimpor dari China. Sementara seluruh lokomotif diimpor dari General Electric Amerika. “2014, jalur ganda di utara sudah selesai, jadi persiapan infrastruktur fisik sudah tidak ada masalah,” tuturnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5233 seconds (0.1#10.140)