Resesi Italia lebih dalam, kontraksi Yunani ringan

Selasa, 12 Maret 2013 - 15:48 WIB
Resesi Italia lebih dalam, kontraksi Yunani ringan
Resesi Italia lebih dalam, kontraksi Yunani ringan
A A A
Sindonews.com - Resesi Italia lebih dalam dari perkiraan lembaga statistik. Sementara kontraksi Yunani sedikit lebih ringan dari perkiraan pertama pada kuartal akhir 2012.

Lembaga statistik ISTAT (Istituto Nazionale di Statistica) mencatat perekonomian Italia menyusut sebesar 0,9 persen pada kuartal keempat 2012, dikontrak sebesar 2,8 persen, lebih buruk dari perkiraan sebelumnya 2,7 persen.

Dilansir City AM, Selasa (12/3/2013) imbal hasil obligasi Italia naik dalam kesempatan pertama terhadap penurunan peringkat utang Fitch-Rating.

Lembaga pemeringkat mengatakan, ketidakpastian tentang pemerintahan berikutnya mengancam kemampuan negara untuk mereformasi keuangan.

Gerakan Anti-kemapanan Beppe Grillo yang memenangkan lebih dari 160 kursi parlemen dalam pemilihan yang tidak meyakinkan bulan lalu, mengatakan pihaknya menginginkan memimpin pemerintahan berikutnya.

Seorang diplomat mengatakan, Italia tetap dapat melewatkan tenggat waktu pada akhir April untuk reformasi dan konsolidasi fiskal, jika pemerintah tidak menandatangani rencana pada tempatnya.

Di sisi lain, lembaga layanan statistik Elstat menyebutkan, ekonomi Yunani menyusut 5,7 persen per tahun dalam tiga bulan terakhir 2012, perbaikan dari perkiraan pertama enam persen. Pemerintah Yunani mengharapkan kontraksi 4,5 persen pada tahun ini.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3542 seconds (0.1#10.140)