Pedagang bakso dan tukang bumbu giling menjerit

Rabu, 13 Maret 2013 - 12:02 WIB
Pedagang bakso dan tukang...
Pedagang bakso dan tukang bumbu giling menjerit
A A A
Sindonews.com - Melonjaknya harga bawang putih dan bawang merah, membuat seluruh
masyarakat menjerit. Pasalnya, bawang merupakan bumbu utama yang dibutuhkan masyarakat setiap hari.

Apalagi bagi para pengusaha kuliner, kenaikan harga bawang tentu membuat mereka harus mengeluarkan kocek modal lebih banyak untuk berbelanja bahan pokok. Seperti yang dilakukan Endang (47), pedagang bakso di Jalan Nusantara, Depok.

"Harga bawang putih lagi mahal, saya beli sudah Rp55 ribu per kilogram (kg), pakainya sedikit-sedikit saja, khawatir kalau begini terus memengaruhi rasa bumbu kuah baksonya, nanti pelanggan lari," ungkapnya, Rabu (13/3/2013).

Tidak hanya Endang, pedagang bumbu giling di Pasar Depok Jaya, Juni (38) juga mengeluhkan naiknya harga bawang. Bahkan kenaikan harga juga terjadi pada cabai rawit merah.

"Saya berharap normal lagi. Cuma bawang saja, rawit merah juga sekarang Rp60 ribu per kg dari Rp40 ribu per kg," katanya.

Juni mengaku terpaksa menaikkan harga bumbu giling. Semula Rp2 ribu per bungkus, sekarang harus Rp5 ribu per bungkus. "Sekarang Rp5 ribu, sudah enggak dapat kalau ibu-ibu minta beli Rp3 ribu, semuanya mahal, itu bumbu sudah lengkap semuanya, seminggu ini pembeli bukan cuma menjerit, kalau bisa jantungan kali," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5992 seconds (0.1#10.140)