Petani terancam tak bisa menanam bawang

Kamis, 14 Maret 2013 - 10:27 WIB
Petani terancam tak bisa menanam bawang
Petani terancam tak bisa menanam bawang
A A A
Sindonews.com - Kelangkaan bawang yang terjadi saat ini dapat berdampak pada kelangkaan benih bawang. Sehingga, petani terancam tidak bisa menanam bawang dan mengakibatkan terjadi kekurangan pasokan.

"Solusinya pasti impor, sedangkan impor tidak akan menyelesaikan akar masalah kelangkaan bawang. Untuk itu, pemerintah harus segera membuat langkah-langkah startegis jangka panjang agar masalah bawang tidak terulang kembali," kata Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR, Marwan Ja'far dalam keterangan tertulis kepada Sindonews, Kamis (14/3/2013).

Misalnya, lanjut dia, dengan membangun sarana dan prasarana serta infrastruktur pendukung, atau membuat kebijakan untuk mengantisipasi tidak menentunya musim yang berpengaruh pada tidak bisa tanam atau gagal panen.

Pihaknya meminta, semua stakeholder (Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, dan lain-lain) harus duduk bersama untuk menyatukan persepsi. Tujuannya, untuk mengantisipasi dampak negatif dari kelangkaan bawang sekaligus mencari solusi yang tidak merugikan salah satu pihak.

Selain itu, dalam memberikan izin impor, pemerintah harus memperhatikan musim panen dalam negeri agar tidak terjadi over stock. "Misalnya dengan membolehkan impor setelah panen dalam negeri selesai atau impor dilakukan jika memang sudah pasti ada kekurangan pasokan untuk kebutuhan bawang dalam negeri," ujarnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0326 seconds (0.1#10.140)