KPPU temukan 109 kontainer bawang putih ditinggal importir

Jum'at, 15 Maret 2013 - 15:47 WIB
KPPU temukan 109 kontainer bawang putih ditinggal importir
KPPU temukan 109 kontainer bawang putih ditinggal importir
A A A
Sindonews.com - Pada hari kedua setelah melakukan inspeksi mendadak (sidak), Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) telah menemukan 109 Kontainer berisi bawang Putih yang sengaja tidak dikeluarkan importir. Tujuannya, menghambat suplai bawang putih hingga harga melejit.

"Ada sekitar 109 Kontainer yang sudah clearance. Artinya sudah tidak ada kendala adminstrasi untuk dikeluarkan dari pelabuhan. Ratusan kontainer itu berisi Bawang Putih," kata Ketua Komisioner KPPU, Nawir Messi usai melakukan sidak di Terminal Petikemas Surabaya (TPS), Jumat (15/3/2013).

Namun, pihaknya belum mengetahui pemilik 109 kontainer tersebut. KPPU masih mengumpulkan data terkait hal itu. Selain 109 Kontainer, juga ada sekitar 500 lebih kontainer yang masih berada di TPS, namun komuditas hortikultura itu administrasinya belum beres. Bahkan, KPPU juga menyelidik motif di balik 109 Kontainer tersebut.

Nawir menduga, ratusan kontainer itu sengaja ditinggal importir sejak Januari. "Bisa jadi motifnya adalah sengaja ditahan di situ sembari harga dipasaran terus bergerak naik dan pada titik tertentu akan dikeluarkan," jelasnya.

Dia menjelaskan, atas temuan-temuan itu KPPU hanya berhak mengeluarkan rekomendasi atas ulah importir nakal tersebut. Namun, untuk penanganan teknis tergantung dari pihak bea dan cukai. Pihaknya juga akan memberikan rekomendasi ke Kepolisian jika memang terdapat pelanggaran hukum pidana.

"Kami hanya konsentrasi pada wilayah persaingan usaha yang berdampak pada harga pasar. Yang jelas, temuan hari ini ada dugaan kesengajaan menahan suplai bawang putih oleh importir," terang Nawir.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7620 seconds (0.1#10.140)