Infrastruktur gas Jatim terhambat pasokan gas

Selasa, 19 Maret 2013 - 14:59 WIB
Infrastruktur gas Jatim terhambat pasokan gas
Infrastruktur gas Jatim terhambat pasokan gas
A A A
Sindonews.com - Kepala Dinas ESDM Jawa Timur, Dewi Putriani mengatakan, sejumlah daerah di Jawa Timur seperti Banyuwangi, Mojokerto, Tuban berencana membangun kluster-kluster industri. Namun hingga kini rencana tersebut masih terhambat oleh kepastian pasokan energi, khususnya gas bumi.

"Untuk mengembangkan industri di Jawa Timur kita membutuhkan gas bumi agar daya saingnya tinggi. Makanya pembangunan infrastruktur gas harus dilakukan," jelas Dewi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/3/2013).

Sekadar informasi, produksi gas di Jawa Timur 2012 mencapai 538 mmscfd, meningkat dibandingkan tahun 2011 sebesar 468 mmscfd.

Sementara Ketua Pusat Kajian Dinamika Sistem Pembangunan Universitas Brawijaya Dwi Budi Santoso mengatakan, daya saing industri di Jawa Timur dipengaruhi oleh biaya produksi dan jasa. Oleh karena itu penggunaan gas bumi merupakan salah satu solusi memangkas biaya produksi.

Pemanfaatan gas bumi perlu di dorong dengan membangun infrastruktur secara terintegrasi dengan pasokan gas yang ada di Jawa Timur. "Dalam pembangunan infrastruktur gas di Jawa Timur BUMD bisa bersinergi dengan PGN. Sehingga ketersediaan infrastruktur akan lebih cepat dan dapat mendorong ekonomi tumbuh lebih baik," katanya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2397 seconds (0.1#10.140)