Harga bawang di Maluku Utara meroket

Jum'at, 05 April 2013 - 10:39 WIB
Harga bawang di Maluku Utara meroket
Harga bawang di Maluku Utara meroket
A A A
Sindonews.com - Harga bawang merah dan bawang putih di Provinsi Maluku Utara (Malut) meroket tajam hingga menembus Rp60 ribu per kilogram (kg). Bahkan, kondisi itu terjadi hampir merata di sejumlah Kabupaten/Kota di Maluku Utara.

Misalnya, harga bawang putih di Kabupaten Halmahera Tengah, per kilogramnya masih mencapai 58 ribu dan bawang merah sendiri mencapai 60 ribu per kg.

Di Halmahera Selatan, harga bawang merah mencapai 59 ribu per kg dan bawang putih 60 ribu per kg. Kondisi tak jauh beda juga terjadi di Kota Tidore Kepulauan. Harga bawang merah masih berkisar 57 ribu per kg dan bawang putih masih pada 52 ribu per kg.

Untuk kabupaten Halmahera Barat, harga bawang putih mencapai 59 ribu per kg dan bawang merah 57 ribu per kg. Kondisi sedikit berbeda terjadi di Kota Ternate, dimana harga bawang merah dan bawang putih cenderung menurun. Harga bawang putih di dua pasar rakyat, yakni Pasar Gamalama dan Pasar Bastiong mencapai 46 ribu per kg dan bawang merah 45 ribu per kg.

Santi Sawal, pedagang bawang di Pasar Gamalama mengatakan bahwa penurunan harga bawang umumnya karena pasokan bawang dari beberapa provinsi, seperti Makassar, Surabaya, dan Manado berjalan lancar. Namun, harga bawang di Ternate masih belum normal. "Biasa kalau harga normal 25-30 ribu per kilogramnya," kata Santi kepada Sindonews.

Di tambahkan Santi, harga bawang diprediksi akan normal dalam kurun waktu dekat karena pasokan yang masuk masih belum mencukupi permintaaan. Apalagi pasokan yang masuk ke Ternate juga didistribusikan ke wilayah lain Malut.

Sementara itu Wakil Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba mengatakan, pemerintah Malut sudah berupaya menekan kenaikan harga bawang. "Kenaikan harga bawang merah dan bawang putih ini sudah dibahas. Kini upaya menekan harga pun sedang dilakukan," terangnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6075 seconds (0.1#10.140)