Depok tak cocok kembangkan tanaman bawang

Sabtu, 06 April 2013 - 13:22 WIB
Depok tak cocok kembangkan tanaman bawang
Depok tak cocok kembangkan tanaman bawang
A A A
Sindonews.com - Dinas Pertanian, Perikanan, dan Peternakan Kota Depok mengakui bahwa kondisi lahan di Depok tak cocok untuk mengembangkan tanaman bawang merah dan bawang putih. Hal itu seiring niat Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail agar masyarakat menanam bawang merah dan bawang putih seiring meroketnya kedua komoditi hortikultura itu.

Kepala Seksi Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kota Depok, Eti Nur Rahmiati mengatakan, tanaman bawang tidak cocok tumbuh di Depok. Kalaupun harus dipaksa tumbuh, maka hasilnya tak akan optimal.

"Bawang tak akan cocok di Depok, jenis tanahnya tidak cocok, (bawang) cocoknya di dataran tinggi. Walaupun pakai media pot tetap tak bisa, kalaupun ditanam hanya tumbuh daun dan bawangnya kecil-kecil atau bahkan tidak tumbuh," ungkapnya kepada wartawan di Balaikota Depok, Sabtu (6/4/2013).

Meski tanaman bawang dinilai sulit dikembangkan di Depok, namun Depok sudah mengembangkan tanaman cabai, yang menjadi program dari Kementerian Pertanian, yakni menciptakan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Program ini dengan memanfaatan pekarangan warga untuk ditanami cabai dan sayur mayur.

"Ada kegiatan gerakan penanaman cabai, tergantung luas rumah dan pekarangan warga," jelasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4861 seconds (0.1#10.140)