Kota Depok giatkan penanaman hortikultura

Sabtu, 06 April 2013 - 14:38 WIB
Kota Depok giatkan penanaman hortikultura
Kota Depok giatkan penanaman hortikultura
A A A
Sindonews.com - Kepala Seksi Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kota Depok Eti Nur Rahmiati mengatakan, Kota Depok sedang menggiatkan program penanaman cabai dan suyur mayur dengan memanfaatkan perkarangan rumah.

Saat ini, program tersebut sudah masuk tahun kedua menggunakan dana APBD Depok. Sementara Kementerian Pertanian melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Keluarga dari Badan Ketahanan Pangan juga membidik pekarangan warga Depok untuk dikembangkan.

"Ada 20 rumah yang sudah dikembangkan, kalau dari Kementan ada 30 rumah. Hanya saja tak hanya cabai, sayuran juga, ternak ikan juga, tahun ini 3 titik di wilayah Cilangkap, Sukatani, dan Cilodong. Dilihat potensi wilayahnya. Ada sumber vitamin karbohidrat dan hewani," ungkap Eti di Depok, Sabtu (6/4/2013).

Penyuluh dan Pendamping Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Kota Depok Achmad Chudori mengatakan tujuan program tersebut, yakni agar ketersediaan cabai dan sayur mayur di Depok selalu melimpah. Sebab, kata dia, selama ini Depok selalu bergantung pada Pasar Induk Kramat Jati.

"Selama ini kan tergantung pasar induk. Masyarakat akan lebih mandiri, tak tergantung. Dengan program ini dioptimalkan, jangan ada tembok nganggur. Bisa dengan metode pertanian hortikultur, yaitu bisa pakai paralon," jelas Achmad.

Dia menargetkan satu jenis tanaman untuk sekali musim bisa menghasilkan 0,75- 1 kilogram (kg). Dengan demikian, akan lebih berpotensi maksimal jika semakin banyak pekarangan yang akan ditanami.

"Tahun ini 11 kecamatan akan punya kawasan tersebut, sebagian ada yang buat konsumsi masyarakat sendiri, ada juga yang sudah dijual, misalnya terong di wilayah Cilangkap itu sudah bisa dijual," paparnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4871 seconds (0.1#10.140)