Mendag siap dipanggil KPPU soal impor bawang putih

Senin, 08 April 2013 - 15:22 WIB
Mendag siap dipanggil KPPU soal impor bawang putih
Mendag siap dipanggil KPPU soal impor bawang putih
A A A
Sindonews.com - Menteri Perdagangan (Mendag), Gita Wirjawan mengaku siap dipanggil Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) untuk duduk bersama terkait masalah penyelidikan dugaan impor bawang putih. Pemanggilan tersebut dijadwalkan pekan ini.

Hal tersebut disampaikan Gita usai melakukan diskuis dengan sejumlah karyawan PT Pelindo IV di Makassar, Senin (8/4/2013).

Menurutnya, dalam pertemuan dengan KPPU akan dibicarakan bagaimana solusi terbaik secara bijaksana agar masalah seperti ini tidak kembali terulang. Bahkan, tidak hanya akan membahas persoalan bawang putih, bawang merah, dan daging, namun juga pembicaraan akan lebih luas dan bersifat holistik.

Gita menuturkan, pertemuan tersebut guna untuk memperkuat perekonomian dalam negeri. "Kita juga akan menjaga kestabilan harga yang selama ini kita kampanyekan di berbagai daerah," katanya.

Seperti diketahui, KPPU akan memanggil Mendag terkait Permendag No 60/2012 tentang Ketentuan Impor Produk Hortikultura (KIPH) yang dianggap KPPU menyebabkan terjadinya praktik kartel.

Selain memanggil Mendag, KPPU juga akan memanggil Menteri Pertanian, Suswono karena Permentan No 60/2012 tentang Rekomendasi Impor Produk Hortikultura juga dianggap sebagai pemicu terjadinya kartel.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9343 seconds (0.1#10.140)