Sehatkan fiskal, Menkeu andalkan dua pilar

Rabu, 17 April 2013 - 11:58 WIB
Sehatkan fiskal, Menkeu andalkan dua pilar
Sehatkan fiskal, Menkeu andalkan dua pilar
A A A
Sindonews.com - Menteri Keuangan Agus, Martowardojo mengatakan, memperkuat ekonomi domestik melalui penyehatan fiskal merupakan target pemerintah pada 2013, sesuai dengan Rencana Kerja Pemerintah (RKP).

"RKP 2013 memiliki tema memperkuat perekonomian domestik peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan tujuan mendorong peningkatan ekonomi berkelanjutan melalui upaya penyehatan fiskal. Beberapa tahun ini ekonomi Indonesia tumbuh dengan baik bahkan pertumbuhan ekonomi pada 2012 masuk dua terbaik di antara negara-negara lain di dunia," ujarnya di Rakernas Kadin di Hotel Sahid, Jakarta, Rabu (17/4/2013).

Tetapi, Agus menjelaskan, deviasi Indonesia yang tergolong kecil dirasakan cukup menjadi masalah. Karenanya pemerintah akan mendorong ekonomi berkelanjutan melalui penyehatan fiskal tersebut.

Terkait penyehatan fiskal tersebut, Agus mempunyai dua pilar yakni defisit anggaran harus terkendali tidak lebih dua persen dan total rasio debt (hutang) over GDP yang terus dijaga.

"Rasio Indonesia saat ini 24 persen dan akan diusahakan turun sampai 22-23 persen, Dua pilar tersebut harus dijaga agar tumbuh," tandasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7177 seconds (0.1#10.140)