Antre solar, petani Jombang tak bertani

Selasa, 23 April 2013 - 13:39 WIB
Antre solar, petani...
Antre solar, petani Jombang tak bertani
A A A
Sindonews.com - Kelangkaan solar semakin menyulitkan aktivitas perekonomian masyarakat. Di Jombang, Jawa Timur misalnya, meski kiriman solar belum datang, ratusan petani harus mengantre di sejumlah SPBU sejak subuh tadi. Tak hanya jiriken, ratusan kendaraan juga memilih antre panjang di SPBU menunggu solar datang.

Antrean panjang jiriken milik para petani sebagaimana terjadi di SPBU Desa Blimbing Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Di SPBU ini, antrean ratusan jiriken mengular.

"Sudah antre jirikennya sejak subuh tadi. Namun hingga Selasa siang solar yang ditunggu tak kunjung datang," keluh Mukani, salah seorang petani, Selasa (23/4/2013).

Para petani mengeluh kelangkaan solar yang terjadi dalam sebulan terakhir sangat menyulitkan aktivitas perekonomian mereka. Karena tidak ada solar, sawah yang seharusnya sudah ditanami padi menjadi terbengkalai sebab mesin traktornya mati dan tidak bisa dipakai membajak.

Untuk beli solar dengan jiriken, petani harus membawa surat keterangan dari kepala desa masing-masing. Itupun, meski sudah antri seharian, seringkali mereka tidak dapat solar karena kehabisan.

Tak hanya petani dengan jirikennya, antrean panjang untuk membeli solar juga terjadi dengan ratusan kendaraan. Meski solarnya belum dating, ratusan kendaraan ini nekat menunggu dan antri.

Panjangnya antrean membuat arus lalu lintas jombang-malang di sekitar SPBU Desa Blimbing terganggu. Warga berharap pemerintah segera menormalkan kembali stok solar di seluruh SPBU.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1032 seconds (0.1#10.140)