Kadin usulkan pemerintah genjot KUR

Kamis, 13 Juni 2013 - 15:46 WIB
Kadin usulkan pemerintah genjot KUR
Kadin usulkan pemerintah genjot KUR
A A A
Sindonews.com - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) bidang Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan Koperasi, Erwin Aksa mengusulkan kepada pemerintah memberikan bantuan kepada pelaku UKM menyusul akan dinaikkannya harga bahan bakar minyak (BBM).

Menurut dia, selain masyarakat miskin, pelaku UKM juga membutuhkan bantuan untuk menghadapi kenaikkan harga BM. Adapun bantuan yang dimaksud, Erwin mengusulkan, dengan menggenjot kredit usaha rakyat (KUR).

“Selain ada kepastian, UKM kita butuh bantalan. Tapi bukan bantuan tunai, melainkan akses modal yang lebih mudah dari perbankan,” kata Erwin dalam rilisnya di Jakarta, Kamis (13/6/2013).

Berdasarkan data yang dimilikinya, deitur KUR hingga Maret 2013 mencapai 8.254.737 orang. Dari jumlah tersebut, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) paling banyak menyalurkan KUR atau mencapai 92,33 persen.

"Saya kira perbankan lain juga harus menggenjot penyaluran KUR, utamanya bank-bank penyalur KUR,” ujar Erwin.

Sementara itu, menurut dia, pelaku UKM meminta kepastian kepada pemerintah terkait kenaikaan harga BBM. Pasalnya, pelaku UKM saat ini kesulitan membuat rencana bisnis karena ketidakpastian harga BBM telah berlangsung hampir tiga bulan.

Palaku UKM menilai, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk menaikkan harga BBM, sebelum Ramadhan dan Lebaran. Pasalnya, ingkat resistensi dari partai politik dan masyarakat akan kenaikkan harga BBM sudah rendah.

Jika tidak dilakukan saat ini, dia khawatir, momentum ini akan lewat Seiring dengan inflasi yang terus meningkat dan beban hidup masyarakat semakin tinggi.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3541 seconds (0.1#10.140)