Tengkulak dan distributor nakal harus ditindak tegas

Minggu, 07 Juli 2013 - 16:00 WIB
Tengkulak dan distributor nakal harus ditindak tegas
Tengkulak dan distributor nakal harus ditindak tegas
A A A
Sindonews.com - Ketua FPKB DPR RI Marwan Ja`far mengatakan, pemerintah harus mengawasi secara ketat distribusi kebutuhan sembako dari petani ke distributor dan dari distributor ke pasar-pasar tradisional agar tidak terjadi penyimpangan atau penimbunan.

Menurutnya, di situlah seringkali terjadi penyimpangan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang berakibat sembako langka di pasaran.

"Pemerintah harus menindak tegas terhadap tengkulak nakal yang melakukan penimbunan sembako dan mempermainkan harga seenaknya, siapapun pelakunya. Karena jika pemerintah tidak tegas maka kejadian serupa akan terus berulang setiap menjelang puasa dan lebaran," ujar Marwan Ja`far dalam siaran persnya, Minggu (7/7/2013).

Pemerintah, lanjut Ja`far, harus memberikan pemahaman kepada masyarakat agar merubah pola hidup yang konsumtif menjadi sederhana. Karena masih banyak masyarakat kita yang membeli sembako berlebihan karena kepanikan masyarakat bukan karena kebutuhan.

"Pemerintah harus meyakinkan kepada masyarakat bahwa stok sembako cukup hingga lebaran. Sehingga masyarakat tidak terpancing oleh isu-isu yang tidak bertanggung jawab menjelang puasa dan lebaran," jelasnya.

Selain itu, tambah Ja`far, Semua stakeholder pemerintah, Bulog, Kementan, Kemendag, dan lain-lain harus bekerjasama untuk saling membantu dan berkoordinasi dalam mengantisipasi kenaikan harga sembako menjelang puasa dan lebaran.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6089 seconds (0.1#10.140)