Perajin sepatu di Jabar kesulitan bahan baku kulit

Senin, 22 Juli 2013 - 15:34 WIB
Perajin sepatu di Jabar kesulitan bahan baku kulit
Perajin sepatu di Jabar kesulitan bahan baku kulit
A A A
Sindonews.com - Sejak beberapa bulan terakhir, perajin sepatu di Jawa Barat (Jabar) kesulitan memperoleh bahan baku kulit berkualitas. Sebagian besar bahan baku kulit di ekspor ke China.

Ketua Pengembangan Usaha Dalam Negeri Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo), Marga Singgih mengatakan, selain menghadapi persaingan dengan produk sepatu impor, industri sepatu dalam negeri juga kesulitan mendapatkan bahan baku kulit. Kondisi tersebut telah terjadi sejak beberapa bulan terakhir.

"Saat ini kami kesulitan mendapat bahan baku. Hampir 70 persen kulit di eskpor ke China atau Eropa. Sementara yang di pasarkan di dalam negeri hanya sekitar 30 persen saja," katanya di Bandung, Senin (22/7/2013).

Padahal, lanjut dia, sebelum China dan Eropa masuk, sekitar 70 persen bahan baku kulit dijual kepada pengusaha lokal. Menurut dia, penjualan bahan baku kulit ke China atau Eropa lebih menjanjikan ketimbang dijual kepada industri lokal.

Menurutnya, sejumlah negara mau menerima bahan baku tersebut dengan harga lebih mahal. Pihaknya, tidak bisa menyalahkan perajin (penyamak) kulit, karena mereka juga perlu mengembangkan usahanya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5821 seconds (0.1#10.140)