Kemenperin raih penghargaan laporan keuangan terbaik

Jum'at, 13 September 2013 - 15:25 WIB
Kemenperin raih penghargaan laporan keuangan terbaik
Kemenperin raih penghargaan laporan keuangan terbaik
A A A
Sindonews.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) atas keberhasilannya menyusun dan menyajikan laporan keuangan 2012 dengan capaian standar tertinggi dalam Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah.

Penghargaan tersebut diserahkan Wakil Presiden Boediono kepada Wakil Menteri Perindustrian Alex SW Retraubun.

Alex mengatakan, Kemenperin telah lima kali menerima penghargaan yang sama sejak 2008 atas dasar prestasi mampu mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Keberhasilan tersebut sebagai wujud komitmen kuat dari jajaran pimpinan, didukung SDM berkualitas dan sistem manajemen keuangan yang semakin baik serta penjaminan mutu (quality assurance) yang dilakukan pengawas internal.

"Kami akan terus berupaya mempertahankannya, karena penghargaan ini dapat memotivasi jajaran Kemenperin dalam menyusun laporan keuangan sesuai kaidah-kaidah akuntansi yang dipersyaratkan," kata dia dalam rilisnya kepada Sindonews, Jumat (13/9/2013).

Disamping itu, lanjut dia, penghargaan ini juga menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan tata kelola anggaran, Kemenperin telah mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Menurutnya, opini WTP merupakan pengakuan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan dengan memperhatikan kesesuaian penyajian laporan keuangan dengan Standar Akuntasi Pemerintah (SAP).

Selain itu juga kecukupan pengungkapan informasi keuangan dalam laporan keuangan sesuai pengungkapan yang diatur SAP, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan 2012, sebanyak 69 Kementerian Negara/Lembaga (K/L) yang mendapat opini WTP atau meningkat jika dibandingkan 2011 sekitar 67 K/L.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5975 seconds (0.1#10.140)