Ini biaya tarif internet di pesawat Garuda

Kamis, 03 Oktober 2013 - 12:40 WIB
Ini biaya tarif internet di pesawat Garuda
Ini biaya tarif internet di pesawat Garuda
A A A
Sindonews.com - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) telah menghadiri layanan inflight connectivity (koneksi internet di pesawat) secara komersial untuk jenis pesawat Boeing 737-300 ER. Berikut harga tarif yang ditawarkan perseroan.

Direktur Layanan Garuda Indonesia, Faik Fahmi mengatakan, layanan ini tidak saja bisa dinikmati penumpang first class, tetapi juga executive class, maupun economy class. Namun, bagi penumpang first class layanan akses WiFi tersebut akan diberikan sebagai komplimen.

"Sementara, pengguna jasa pada executive class dan economy class dapat menikmati layanan tersebut dengan membayar melalui kartu kredit atau membeli voucher seharga USD11,95 untuk paket internet unlimited selama satu jam dan USD21,95 untuk paket internet unlimited hingga 24 jam," kata Faik dalam rilisnya di Jakarta pada 2 Oktober 2013.

Sesuai regulasi yang berlaku, layanan koneksi WiFi tersebut hanya dapat digunakan pada saat pesawat berada di ketinggian di atas 10.000 kaki untuk aktivitas browsing internet, social network, e-mail dan instant messaging.

"Layanan tersebut tidak diperkenankan untuk diaktivasi dan digunakan pada saat pesawat dalam posisi taxi, take off, dan landing," jelas dia.

Aktivasi layanan tersebut dilaksanakan seiring dengan diselenggarakannya proses pengujian terhadap layanan iInflight connectivity sebagai bagian dari proses sertifikasi perangkat oleh Direktorat Standarisasi Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Pengujian layanan inflight connectivity tersebut dilakukan terhadap fisik perangkat, pengukuran sinyal terhadap access point, dan BTS pico seluler di GSM 1800.

Dalam proses tersebut, dinyatakan seluruh perangkat yang diuji telah berfungsi dengan baik dan memenuhi standar kelayakan yang berlaku sesuai UU No 36/1999 tentang Telekomunikasi. Hal itu mengingat pada saat pengujian penggunaan WiFi tidak ditemukan adanya gangguan interferensi, baik terhadap saluran komunikasi yang digunakan cockpit maupun penggunaan kanal frekuensi yang lain.

Selain dapat mengakses koneksi internet melalui layanan inflight connectivity, para penumpang Garuda yang melakukan penerbangan dengan pesawat B777-300ER juga dapat menikmati layanan inflight entertainment Live TV atau siaran televisi langsung yang terdiri dari enam channel internasional, yaitu CNN International, BBC World, BBC Arabic, NHK World Premium, Euronews, dan CNBC.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5270 seconds (0.1#10.140)