Harga pangan dunia mulai stabil

Kamis, 07 November 2013 - 17:32 WIB
Harga pangan dunia mulai stabil
Harga pangan dunia mulai stabil
A A A
Sindonews.com - Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) PBB melaporkan harga pangan dunia mulai stabil, setelah lama mengalami volatilitas ekstrem. Data tersebut menunjukkan bahwa harga pangan naik sedikit pada Oktober.

Lembaga berbasis di Roma, Italia itu mengatakan, tren ini karena persediaan membaik dan pemulihan persediaan makanan global.

"Harga untuk komoditas pangan yang paling dasar telah menurun selama beberapa bulan terakhir," kata David Hallam, direktur perdagangan dan pasar FAO, seperti dilansir dari AFP, Kamis (7/11/2013).

"Hal ini berkaitan dengan peningkatan produksi dan harapan bahwa pada musim saat ini, kita akan memiliki persediaan lebih berlimpah, lebih ketersediaan ekspor dan saham yang lebih tinggi," ujarnya.

FAO mengatakan, peningkatan produksi sereal tahun ini terutama berkat pemulihan tanaman jagung di Amerika Serikat (AS) dan rekor panen gandum di negara bekas Uni Soviet, menambahkan produksi beras dunia akan tumbuh tetapi lebih sederhana.

Mereka menyebutkan Indeks Harga Pangan meningkat pada Oktober menjadi 205,8 poin - naik 2,7 poin dari September - terutama berkat kenaikan harga gula.

Namun, FAO memperkiraan produksi gula dunia hanya akan meningkat sedikit pada 2013 dan 2014, terutama di Brasil, produsen gula terbesar di dunia. Konsumsi gula dunia diperkirakan akan tumbuh sekitar 2,0 persen pada 2013-2014.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8161 seconds (0.1#10.140)