INACA diminta berperan aktif hadapi Open Sky 2015

Jum'at, 08 November 2013 - 15:49 WIB
INACA diminta berperan aktif hadapi Open Sky 2015
INACA diminta berperan aktif hadapi Open Sky 2015
A A A
Sindonews.com - Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia atau Indonesia National Air Carriers Association (INACA) diminta berperan aktif menghadapi penerbangan bebas ASEAN Open Sky 2015 mendatang.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Herry Bakti S Gumay meminta INACA berperan melalui tindakan-tindakan proaktif untuk mengajak anggotanya meningkatkan profesionalitas serta memiliki komitmen dan tanggung jawab terhadap keselamatan dan keamanan penerbangan.

Hal tersebut mengemuka karena perkembangan dan kemajuan teknologi di industri penerbangan nasional makin pesat. INACA juga secara berkelanjutan harus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) untuk memenuhi hal-hal tersebut.

"Perkembangan industri penerbangan yang pesat membuka peluang usaha angkutan udara dan mendorong investor untuk berinvestasi. Perkembangan ini juga mendorong perusahaan penerbangan untuk lebih kompetitif dalam memberikan tarif, layanan jaringan rute yang luas, konektivitas antar rute, dan pelayanan penerbangan yang aman dan nyaman," kata Herry usai menghadiri pembukaan Rapat Umum Tahunan Anggota INACA di Hotel JW Marriott, Surabaya, Jumat (8/11/2013).

Perkembangan jasa angkutan udara, kata Herry, ditunjukkan dengan pertumbuhan permintaan penumpang yang sangat signifikan. Saat ini beroperasi 18 perusahaan angkutan udara niaga berjadwal, yang pada 2012 mengangkut 81.359.755 penumpang, dengan penumpang domestik sebanyak 71,4 juta penumpang dan internasional 9,9 juta penumpang.

Dalam tahun 2008-2013, Indonesia mempunyai rata-rata pertumbuhan penumpang domestik 18 persen dan internasional 26 persen per tahun. Kondisi pertumbuhan tersebut berpotensi dalam pelaksanaan Open Sky atau ASEAN Single Aviation Market (ASAM).

"Pemerintah mengharapkan agar badan usaha angkutan udara nasional dapat mempersiapkan diri menghadapi ASEAN Open Sky yang akan dimulai tahun 2015," lanjutnya.

Ketua INACA Emirsyah Satar mengatakan, pelaksanaan kebijakan Asean Open Sky sangat menuntut kesiapan dan kerja sama dari seluruh pelaku industri dan regulator, sehingga akan tercipta iklim industri dan kompetisi yang mengacu pada kesetaraan (at the same level palying field). Industri penerbangan Indonesia pun dapat terus tumbuh dan berkembang secara kondusif.

"Seluruh pelaku industri penerbangan Indonesia sangat dituntut untuk terus menempatkan keamanan dan keselamatan penerbangan sebagai aspek yang paling utama," ujar Emirsyah.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5821 seconds (0.1#10.140)