Lima sumur migas Total E&P di Blok Mahakam ditutup

Kamis, 14 November 2013 - 18:56 WIB
Lima sumur migas Total E&P di Blok Mahakam ditutup
Lima sumur migas Total E&P di Blok Mahakam ditutup
A A A
Sindonews.com - Setelah terjadi semburan gas ringan dangkal di sumur TN-C414 di Blok Mahakam, tepatnya di Lapangan Tunu Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, PT Total E&P Indonesie terpaksa menutup lima sumur lainnya.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan karena posisi lima sumur dengan sumur yang mengalami semburan gas relatif dekat.

Media Relations Head Department PT Total E&P Kristanto Hartadi mengatakan, semburan gas di sumur TN-C414 sebenarnya tidak mengganggu lima sumur yang ditutup. Penutupan dilakukan untuk melancarkan proses pengamanan dan pencegahan.

"Penutupan lima sumur itu kita lakukan sebagai bentuk pencegahan, karena sampai hari ini sumur TN-C414 masih menyemburkan gas," kata Kristanto, Kamis (14/11/2013).

Sementara, mengenai masa penutupan, dia belum bisa memastikan sampai kapan penutupan lima sumur dilakukan. Untuk saat ini, Total E&P masih fokus untuk menghentikan semburan gas.

"Untuk masa pemulihan sumur TN-C414 masih memerlukan waktu, sehingga Total E&P belum bisa menentukan sampai kapan ke-lima sumur itu akan dibuka kembali," katanya.

Meski lima sumur migas miliknya ditutup, Total E&P mengaku tidak mengganggu produksi mereka secara signifikan. Meski mengaku merugi, target produksi di Blok Mahakam yang ditetapkan pemerintah tidak terganggu.

"Saat ini Total E&P menargetkan memproduksi gas sebanyak 1.700 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD), dan itu tidak terganggu," ujarnya.

Untuk diketahui, sumur TN-C414 di Lapangan Tunu, Blok Mahakam menyemburkan gas ringan dangkal saat operasi pengeboran dilakukan dengan menggunakan Rig Raissa pada Jumat, 8 November 2013, pada pukul 23:45 WITA. Tidak ada korban cedera dalam peristiwa itu dan seluruh pekerja langsung dievakuasi.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4991 seconds (0.1#10.140)