BRI target kredit sektor mikro Rp12,9 T

Kamis, 05 Desember 2013 - 15:11 WIB
BRI target kredit sektor mikro Rp12,9 T
BRI target kredit sektor mikro Rp12,9 T
A A A
Sindonews.com - Hingga Oktober 2013, realisasi kucuran kredit segmen mikro di Bank Rakyat Indonesia (BRI) senilai Rp11,5 triliun. Kredit ini disalurkan di seluruh wilayah kerja Kanwil BRI Makassar yang mencakup Sulselbartra dan Ambon.

Wakil Pimpinan Wilayah BRI Makassar, Sumarman mengatakan, Bank BRI senantiasa berkomitmen untuk terus eksis mengelola bisnis pembiayaan ke sektor mikro serta Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Apalagi sektor ini terbukti tahan terhadap guncangan krisis.

"Kami optimistis hingga akhir tahun mampu mengucurkan sesuai target yang dicanangkan yakni Rp 12,9 triliun," ungkapnya di Kanwil BRI Makassar, Jl Ahmad Yani Makassar, Kamis (5/12/2013).

Menurut Sumarman, kredit tersebut dikucurkan ke 446 debitur mikro untuk dua jenis kredit yang didominasi di wilayah Sulsel yakni sekitar 60 persen.

Adapun jenis kredit mikro BRI terdiri atas kredit usaha rakyat (KUR) dengan 203 ribu debutur dan 243 debitur untuk kredit komersil atau yang dikenal dengan kredit umum pedesaaan (Kupedes).

Untuk plafon pinjaman, pelaku usaha mikro bisa diberikan pinjaman mulai Rp250 ribu hingga Rp100 juta dengan jangka waktu pengembalian tiga tahun. Bunga yang dikenakan juga kompetitif yakni satu persen per bulan.

Untuk meningkatkan kucuran kredit di sektor ini ujar dia, pihaknya melakukan beragam kegiatan yang lebih mendekatkan diri kepada masyarakat.

Misalnya gerebek pasar, gerebek desa, dan pesta rakyat Simpedes. Mayoritas kredit mikro yang telah dikucurkan BRI untuk membiayai sektor perdagangan.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5773 seconds (0.1#10.140)