PHRI Jabar akan ajukan moratorium hotel

Jum'at, 06 Desember 2013 - 17:25 WIB
PHRI Jabar akan ajukan moratorium hotel
PHRI Jabar akan ajukan moratorium hotel
A A A
Sindonews.com - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat berencana mengajukan moratorium hotel terkait tidak seimbangnya jumlah kamar dan tamu hotel yang datang ke Jawa Barat.

Menurut Ketua PHRI Jabar Herman Muchtar, jumlah kamar hotel di Jabar diperkirakan mencapai 18.000 unit. Di sisi lain, pembangunan hotel hingga saat ini terus berlanjut.

Kondisi tersebut tidak sebanding dengan jumlah wisatawan yang menginap di hotel Jawa Barat. Badan Pusat Statistik (BPS) melangsir, okupansi hotel di Jabar rata-rata 42 persen.

“Jumlah kamar hotel di Jabar idealnya 10.000 unit. Tapi saat ini jumlahnya diperkirakan mencapai 18.000 unit. Selama ini kondisi ini terus terjadi, okupansi hotel di Jabar tidak akan naik,” jelas Herman pada seminar Dewan Pengembangan Ekonomi (DPE) dengan tema Optimalisasi Sarana Industri Pariwisata Kota Bandung, di Balai Kota Bandung, Jumat (6/12/2013).

Melihat kondisi tersebut, PHRI, lanjut dia, akan mengajukan moratorium hotel. Tujuannya, agar pembangunan hotel dibatasi sesuai jumlah kunjungan wisatawan ke kawasan ini. Apabila usulan tersebut segera terealisasi, pada 2015 diharapkan akan didapatkan keseimbangan baru antara jumlah wisatawan yang menginap dan jumlah kamar hotel.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6854 seconds (0.1#10.140)