Inalum tetap ekspor aluminium ke Jepang

Senin, 09 Desember 2013 - 18:20 WIB
Inalum tetap ekspor aluminium ke Jepang
Inalum tetap ekspor aluminium ke Jepang
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa memastikan bahwa Jepang masih akan menjadi pasar ekspor aluminium utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) walaupun sudah berpindah tangan dan menjadi BUMN.

Hatta mengaku, tidak bisa serta merta meninggalkan Jepang yang telah dianggap membesarkan Inalum dan juga sahabat Indonesia, walaupun pasar domestik tetap akan diutamakan sebagai pasar produksi Inalum.

"Saya pikir Jepang masih banyak menggunakan aluminium. Jadi sisa kapasitas dari industri dalam negeri akan kita ekspor ke Jepang," ujar dia di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (9/12/2013).

Walaupun tidak menyebut secara prosentase alokasi, namun Hatta tetap memastikan negeri Sakura tersebut tetap akan menjadi pasar aluminium produksi Inalum kedua terbesar selain memenuhi kebutuhan dalam negeri.

"Namanya berdagang tetap berkomitmen. Makanya kita tidak bisa tiba-tiba merubah alokasi tersebut namun harus bertahap," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perindustrian MS Hidayat menjelaskan kebutuhan aluminium dalam negeri akan diprioritaskan lebih dahulu alam produksi Inalum. "Itu yang dalam negeri dulu dipenuhi," ucap Hidayat.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1256 seconds (0.1#10.140)