Harga cabai di Kendal naik hampir 200%

Rabu, 15 Januari 2014 - 12:55 WIB
Harga cabai di Kendal naik hampir 200%
Harga cabai di Kendal naik hampir 200%
A A A
Sindonews.com - Harga cabai di Kendal, Jawa Tengah (Jateng) terus mengalami kenaikan hingga menembus Rp40 ribu per kilogram (kg) untuk harga cabai merah keriting.

Harga berbagai jenis cabai diperkirakan akan terus naik, karena pasokan dari sejumlah sentra produksi cabai tersendat karena hujan dan banjir. Pasokan cabai di sejumlah pedagang di pasar Kendal, Jateng untuk beberapa hari terakhir terus berkurang.

Akibatnya, produksi pasokan dari distributor sangat minim. Seiring berkurangnya stok cabai, hargapun tiap hari terus meroket. Misalnya cabai hijau besar dari sebelumnya Rp7 ribu per kg, naik menjadi Rp18 ribu per kg.

Sementara, cabai hijau keriting dari sebelumnya Rp8 ribu naik menjadi Rp20 ribu per kg. Kenaikan juga terjadi pada jenis cabai rawit yang sebelumnya Rp7 ribu per kg menjadi Rp20 ribu per kg.

Kenaikan tertinggi terjadi pada jenis cabai merah keriting yang sebelumnya Rp20 ribu per kg, naik drastis menjadi Rp40 ribu per kg. "Harga cabai berbagai jenis naik setiap hari dalam sepekan, akibat pasokan dari distributor minim. Karena musim hujan banyak tanaman cabai yang mati," kata Winarti, salah satu pedagang di daerah tersebut, Rabu (15/1/2014).

Dia memperkirakan, kenaikan harga cabai ini akan terus berlangsung. Karena pasokan dari distributor minim. Sementara, pedagang mengeluhkan sepinya pembeli akibat kenaikan harga cabai yang mencapai hampir 200 persen ini.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5351 seconds (0.1#10.140)