Telkom genjot pertumbuhan bisnis IT services

Kamis, 30 Januari 2014 - 12:32 WIB
Telkom genjot pertumbuhan bisnis IT services
Telkom genjot pertumbuhan bisnis IT services
A A A
Sindonews.com - PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) pada tahun ini akan menggenjot pertumbuhan bisnis layanan information technology (IT services) untuk segmen korporasi serta usaha kecil dan menengah (UKM).

Direktur Enterprise and Business Services Telkom Muhammad Awaluddin mengatakan, Telkom sebagai perusahaan pemerintah yang bergerak dalam bisnis Information and Communication Technology (ICT) tidak dapat hanya mengandalkan sumber pendapatan dari bisnis access dan connectivity (legacy), tetapi juga sudah masuk ke bidang IT services (new wave), meliputi managed network, managed application dan IT managed services.

Dia menjelaskan, Telkom sebagai pemimpin pasar layanan telekomunikasi di segmen korporasi dan bisnis UKM selama lima tahun terakhir telah berhasil menjaga pertumbuhan bisnis legacy di segmen korporasi dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 5 persen.

Namun, Telkom menyadari bahwa tren lifestyle masyarakat dalam berkomunikasi sudah sangat berkembang dan mengarah terhadap penggunaan kreativitas konten dan aplikasi serta IT services (new wave).

Menurut dia, fokus pada bisnis new wave menjadikan hal itu sebagai motor pertumbuhan bisnis Telkom di segmen korporasi dan bisnis UKM, yang terlihat dari rata-rata pertumbuhan pendapatan Telkom untuk layanan IT services di segmen korporasi selama lima tahun terakhir yang mencapai 11 persen.

Sementara segmen bisnis UKM tumbuh rata-rata 43 persen. Total besaran pendapatan new wave pada tahun lalu sekitar Rp6 triliun.

"Asumsi perhitungan kita, dalam lima tahun ke depan (tahun 2018) Telkom masih akan tumbuh dengan CAGR secara agregat 17 persen untuk bisnis IT services pada kedua segmen korporasi dan UKM," kata dia dalam rilisnya, Kamis (30/1/2014).

Selain itu, Telkom akan menggarap serius layanan cloud computing untuk Platform as a Service (PaaS), ekspansi data center dan mulai jeli melihat trend BYOD (bring your own device) yang sangat berpotensi meningkatkan trafik data internet, termasuk aspek enterprise security.

Di segmen bisnis UKM yang diyakini akan menjadi pasar ICT yang besar, Telkom fokus pada bisnis ICT di sektor UKM. Sektor UKM ini pasarnya sangat besar, tersebar dan menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

“Tidak banyak yang mampu, tapi Telkom mampu dan berkewajiban mengembangkan layanan ICT untuk segmen UKM agar tercipta UKM Indonesia yang maju, mandiri dan modern” kata Awaluddin.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5784 seconds (0.1#10.140)