Sisi udara Bandara Samarinda dibangun swasta

Senin, 03 Februari 2014 - 18:48 WIB
Sisi udara Bandara Samarinda dibangun swasta
Sisi udara Bandara Samarinda dibangun swasta
A A A
Sindonews.com - Sisi udara Bandara Samarinda Baru (BSB) telah disepakati dibangun dengan pihak ketiga atau melibatkan pihak swasta. Sehingga, pembangunannya tak menggunakan dana APBD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengatakan, dengan melibatkan pihak ketiga, penggunaan dana APBD yang semestinya untuk bandara bisa dialihkan untuk program lain yang lebih mendesak.

“BSB sudah clear, kita sudah kerja sama dengan PT Persada Investama, Grup Panin, untuk membangun sisi udaranya. Penandatangan PKS (Perjanjian Kerjasa Sama) dilakukan dengan Dinas Perhubungan Kaltim,” kata Awang, Senin (3/2/2014).

Dia menambahkan, pembangunan awal akan dilaksanakan pada 24 Maret 2014 mendatang. Akan ada acara seremonial untuk groundbreaking sisi udara BSB.

Mengenai total dana pembangunan sisi udara BSB, Awang Faroek enggan berkomentar banyak. “Kalau soal itu saya tidak bisa berkomentar, coba tanya ke dinas perhubungan,” katanya.

Namun Awang memastikan jika pembangunan sisi udara BSB dipastikan bekerja sama dengan pihak swasta yakni Grup Panin. Dengan kerja sama ini, pembangunan bandara tidak akan menggunakan dana APBD Kaltim.

“Karena kalau kita kerja sama dengan swasta kenapa kita gunakan APBD. ABBD bisa kita alihkan untuk keperluan banjir dan untuk yang lain-lainnya,” kata Awang.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kaltim Zairin Zain menyebutkan, untuk pembangunan run way sepanjang 1,2 kilometer membutuhkan dana Rp500-600 miliar. Dana tersebut akan ditanggung oleh PT Persada Investama sebagai pihak ketiga yang terlibat kerja sama pembangunan BSB.

“Untuk total 2,5 kilometer run way, dibutuhkan Rp1,1 triliun. Pembangunannya bertahap, dari 1,2 kilometer dilanjutkan ke 1,6 kilometer. Tahap berikutnya 2,1 kilometer baru kemudian sampai 2,5 kilometer,” kata Zairin.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6011 seconds (0.1#10.140)