Pelindo IV investasi Rp1,5 T perbaiki fasilitas pelabuhan

Kamis, 06 Februari 2014 - 16:32 WIB
Pelindo IV investasi Rp1,5 T perbaiki fasilitas pelabuhan
Pelindo IV investasi Rp1,5 T perbaiki fasilitas pelabuhan
A A A
Sindonews.com - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV tahun ini menyiapkan investasi sebesar Rp1,5 triliun dari APBN untuk meningkatkan fasilitas jasa kepelabuhan di beberapa cabang. Hal ini untukmemberikan kenyamanan para pengguna jasa maupun stokeholder lainnya.

Menurut Direktur Utama PT Pelindo IV Mulyono, beberapa fasilitas yang akan dibangun berlokasi di kantor cabang Paotere dengan membangun satu terminal peti kemas dan dermaga. Nantinya akan dimanfaatkan untuk memback up kebutuhan pengiriman cargo barang, sehingga tidak terpusat di satu lokasi.

"Terminal peti kemas yang dibangun ini memiliki kapasitaski cukup besar sekitar 500.000 teus per tahun. Sementara kapasitas yang ada untuk terminal peti kemas sekitar 550.000 teus sehingga dengan bertambahnya ini akan semakin besar daya tampungnya," ujar dia, Kamis (6/2/2014).

Dia menjelaskan, dengan meningkatnya fasilitas yang ada diharapkan dapat berdampak pada pencapaian target perusahaan tahun ini sebesar Rp2 triliun dari tahun lalu hanya Rp1,6 triliun dengan target laba Rp500 miliar.

"Tahun lalu itu ditargetkan pendapatan perusahaan mencapai Rp1,6 triliun dan mampu direalisasikan mencapai Rp1,8 triliun atau sekitar 118,92 persen. Sementara untuk laba 2013 ditargetkan Rp524 miliar dengan realisasi Rp529 miliar lebih atau capai sekitar 100,82 persen," terangnya.

Mulyono mengatakan, optimisme pencapaian bisa diraih dengan adanya dukungan kerja sama tim, serta dengan mengembangkan potensi yang ada di pelabuhan. Diantaranya membangun hotel, perkantoran dan sarana umum, salah satunya berlokasi di Samarinda dengan membangun Samarinda Maritime Bussiness Center.

"Banyak pontensi pendapatan di pelabuhan yang jika dikelola maksimal akan mendatangkan pendapatan cukup besar, seperti untuk kapal kontainer saja per tahun kontribusinya Rp700 miliar dan dari kapal yang bersandar mencapai Rp500 miliar," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6751 seconds (0.1#10.140)