Indeks manufaktur China Februari anjlok

Senin, 03 Maret 2014 - 16:20 WIB
Indeks manufaktur China Februari anjlok
Indeks manufaktur China Februari anjlok
A A A
Sindonews.com - Kondisi suram terlihat pada aktivitas manufaktur di China. Di saat pabrik-pabrik manufaktur di luar negeri menunjukkan tanda-tanda ekspansi yang solid, negara tersebut justru mengalami penurunan signifikan.

Dalam laporan akhir indeks manajer pembelian (PMI) HSBC, sektor manufaktur jatuh ke angka 48,5 poin pada Februari 2014, terendah dalam tujuh bulan dan penurunan bulanan ketiga secara berturut-turut. Angka tersebut anjlok dari nilai pada Januari 49,5 poin. Namun, dibandingkan perkiraan awal lebih baik, dengan prediksi manufaktur di angka 48,3 poin.

Sementara PMI yang dirilis pemerintah China pada Sabtu, (1/3/2014) sektor manufaktur turun ke 50,2 poin, menunjukkan pertumbuhan paling lambat dalam delapan bulan. PMI di atas 50 poin menunjukkan pertumbuhan, sementara di bawah angka tersebut kontraksi.

"Tanda-tanda menjadi jelas risiko terhadap pertumbuhan PDB yang miring ke sisi negatif," kata Hongbin Qu, kepala ekonom HSBC China, seperti dilansir dari Reuters, Senin (3/3/2014).

Meskipun laju ekspansi China mengalami perlambatan yang tajam, menurut analis dari Bank of America Merrill Lynch, tingkat pertumbuhan 7,5 persen akan dapat dicapai China tahun ini.

Sebagai target jangka panjang, pemerintah China tengah berusaha mengurangi ketergantungan ekonomi pada ekspor, dengan meningkatkan peran konsumsi domestik.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8496 seconds (0.1#10.140)