Mendag siapkan strategi hadapi AEC 2015

Selasa, 04 Maret 2014 - 14:31 WIB
Mendag siapkan strategi hadapi AEC 2015
Mendag siapkan strategi hadapi AEC 2015
A A A
Sindonews.com - Indonesia memerlukan strategi penguatan ekonomi agar tidak kalah dengan negara-negara ASEAN. Hal ini menyusul akan diberlakukannya ASEAN Economic Community (AEC) yang akan berlangsung pada 2015.

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi mengatakan, peningkatan ekspor ke negara tujuan baru menjadi salah satu strategi yang harus dilakukan Indonesia.

Menurutnya, ada beberapa negara tujuan ekspor baru atau non tradisional, khususnya Uni Emirate Arab, Afrika Selatan, Peru, dan Nigeria.

"Negara-negara berkembang besar sebagai tujuan ekspor baru perlu digarap terus secara serius. Karena punya fungsi sangat strategis selain memperluas pasar ekspor juga berperan sebagai buffer," kata dia, Selasa (4/3/2014).

Lutfi mengatakan, jika strategi tersebut dapat dilaksanakan, maka ekonomi Indonesia akan tetap kuat jika terjadi krisis ekonomi. Bahkan, Indonesia bisa tumbuh lebih maju.

"Sehingga, kalau terjadi krisis ekonomi dunia lagi atau bila pemulihan ekonomi di negara maju melambat, maka Indonesia bisa tetap tumbuh berkesinambungan," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5734 seconds (0.1#10.140)