DGI usulkan HPP gula Rp9.500/kg

Selasa, 11 Maret 2014 - 20:59 WIB
DGI usulkan HPP gula Rp9.500/kg
DGI usulkan HPP gula Rp9.500/kg
A A A
Sindonews.com - Dewan Gula Indonesia (DGI) mengusulkan harga pokok penjualan (HPP) gula sebesar Rp9.500 per kilogram (kg) kepada Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk ditetapkan menjadi HPP gula 2014. Usulan HPP ini naik sekitar 17,3 persen dari HPP gula 2012 yang sebesar Rp8.100 per kg.

“Dari hasil rapat DGI barusan ditetapkan Rp9.500 per kg. Itu yang kita ajukan ke Kemendag. Tapi kan pada akhirnya keputusannya tetap di Kemendag. Kebetulan tadi Mendag hadir. Ini ada good will dari Mendag yang akan memfasilitasi semua stakeholder di bidang gula,” kata Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Rusman Heriawan seusai mengikuti rapat DGI di Kantor Kementerian Pertanian (Kementan) Jakarta, Selasa (11/3/2014).

Menurut Rusman, usulan tersebut berdasarkan perhitungan biaya pokok produksi (BPP) gula yang tahun ini mencapai Rp8.790 per kg. BPP gula tersebut, kata Wamentan, merupakan perhitungan tim kajian independen yang dibentuk DGI.

“Pertimbangan Rp9.500 itu simpel. Sebenarnya karena ini berbagai pihak ada kepentingan berbeda-beda, kemudian Kementan bentuk tim kajian yang menghitung biaya pokok produksi yang dilakukan inter university,” katanya.

Tim kajian independen ini beranggotakan unsur akademisi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Jember, dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

“Jadi ada IPB, Unej, UGM. Profesor-profesor lah yang melakukan kajian berapa untuk 2014 harga pokok produksinya. Saya percaya kajian ini karena memang ini independen karena tidak ada kepentingan PG, tidak ada kepentingan petani,” kata Wamen.

Konsensusnya, kata Rusman, BPP ditambah keuntungan sekitar 10 persen. “Sehingga 10 persen ditambah Rp8.790 itu jatuhnya Rp9.500. Dasarnya itu,” katanya.

Sementara Menteri Perdagangan (Mendag) M Lutfi mengatakan, belum bisa memutuskan HPP gula 2014. Dirinya memerlukan waktu untuk menetapkan HPP gula tersebut. “Jadi ini rapatnya belum putus. Kita hormati dulu rapat dewan gula,” katanya.

Namun, kata Mendag, yang perlu diperhatikan adalah nilai tukar petani (NTP). Ketika harga gula naik, kata dia, NTP petani itu negatif. “Jadi tambah miskin. Kalau harganya naik terus pusing kan semua. Jadi saya mengatakan bahwa dalam waktu yang dekat akan memutuskan bahwa semua adil dan stabilitas harga terjaga,” katanya.

Mendag mengatakan saat ini harga gula dunia sampai gudang di Indonesia di kisaran Rp7.888. “Kita sekarang mesti jaga kearifan itu. DGI juga punya hitungan harga. Kita akan putuskan bersama-sama lah,” kata Lutfi.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6783 seconds (0.1#10.140)