Eximbank pertahankan suku bunga acuan

Jum'at, 04 April 2014 - 16:15 WIB
Eximbank pertahankan suku bunga acuan
Eximbank pertahankan suku bunga acuan
A A A
Sindonews.com - Di tengah gejolak ekonomi yang sempat melanda Indonesia akibat pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD), Indonesia Eximbank atau Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia tetap mempertahankan Base Lending Rate (BLR)-nya.

Direktur Eksekutif Eximbank, I Made Gde Erata mengatakan, untuk BLR rupiah dipertahankan pada level 9,25 persen. Sementara untuk BLR valas dipertahankan pada level 5,60 persen.

"Base lending rate untuk rupiah dan valas kita pertahankan dari tahun 2011. Sampai kapan samanya, tergantung perkembangan pasar," ujar Erata di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (4/4/2014).

Diterangkannya, BLR adalah formula untuk menghitung besarnya bunga atau jasa pinjaman kepada para debitur pada perusahaan jasa keuangan.

Erata mengatakan, dipertahankannya suku bunga acuan ini didasarkan pada pertimbangan bahwa indikator-indikator yang ada masih memungkinkan bagi Eximbank untuk menjaga levelnya pada kondisi stabil.

Kenapa BLR-nya bisa bertahan dari 2011, lanjut dia, karena dana-dana yang diterbitkan oleh lembaga ini adalah berupa obligasi yang rata-rata bersifat jangka panjang. Menyebabkan suku bunga tidak elastis dan lebih stabil.

"Sepanjang komponennya tidak naik atau turun terlalu signifikan maka tidak ada alasan bagi kami untuk menaikkan atau menurunkan. Dolar, meskipun terjadi goncangan, tapi karena raising fund kita bersifat jangka panjang, rate valas kita juga lebih stabil," papar dia.
(gpr)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1184 seconds (10.101#12.26)