Merger Holcim-Lafarge ciptakan raksasa semen dunia

Senin, 07 April 2014 - 19:38 WIB
Merger Holcim-Lafarge ciptakan raksasa semen dunia
Merger Holcim-Lafarge ciptakan raksasa semen dunia
A A A
Sindonews.com - Perusahaan semen Swiss, Holcim ( HOLN.VX ) sepakat merger dengan produsen semen Prancis Lafarge (LAFP.PA) dengan nilai USD44 miliar dari penjualan tahunan. Langkah ini menjadikan mereka sebagai kelompok perusahaan semen terbesar di dunia.

Namun, langkah kedua perusahaan yang beroperasi di 90 negara itu diyakini banyak pihak akan menghadapi pengawasan dari regulator antitrust di 15 yurisdiksi.

Analis menilai perusahaan bisa menguasai pangsa pasar lebih dari 50 persen di beberapa wilayah, bahkan di negara-negara besar seperti Amerika Serikat.

"Kami percaya eksekusi akhir bisa memakan waktu lama melewati semua masalah monopoli yang akan terjadi, dan kami tidak akan heran jika akhirnya gagal," kata analis Helvea, Patrick Appenzeller, seperti dilansir dari Reuters, Senain (7/4/2014).

Atas kabar ini, saham Lafarge naik 2,76 persen, sementara saham di Holcim tumbuh 1,68 persen. Kesepakatan tersebut membuat grup dengan nilai pasar gabungan dari hanya di bawah USD60 miliar, pecah pada Jumat (4/4/2014) lalu.

Akuisisi dapat membantu perusahaan memangkas biaya, utang dan mengatasi melambungnya harga energi, persaingan ketat, serta melemahnya permintaan yang telah melukai sektor ini sejak krisis ekonomi 2008. Secara geografis kelompok ini saling melengkapi, dengan Lafarge kuat di Afrika dan Holcim kokoh di Amerika Latin.

"Kelompok baru akan menawarkan pertumbuhan lebih tinggi dan risiko rendah, sehingga menciptakan nilai lebih," kata Chief Executive Lafarge, Bruno Lafont, yang akan menjadi CEO LafargeHolcim.

Perusahaan memperkirakan total penghematan tahunan dari penggabungan sebesar 1,4 miliar euro setelah tiga tahun, berkat skala ekonomi, efisiensi operasional lebih baik, dan biaya pendanaan lebih rendah.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9719 seconds (0.1#10.140)