BI Janji Jaga Stabilitas Moneter

Kamis, 05 Juni 2014 - 15:12 WIB
BI Janji Jaga Stabilitas Moneter
BI Janji Jaga Stabilitas Moneter
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) berjanji akan menjaga kondisi moneter. Melemahnya nilai tukar rupiah dan neraca perdagangan yang mengalami defisit menjadi pekerjaan rumah (PR) BI dalam menjaga moneter di dalam negeri.

Atas dasar itu, BI bertanggung jawab memperbaiki neraca perdagangan yang mengalami defisit. Salah satunya dengan mendorong nilai ekspor.

"Ekspor nonmigas memang mengalami peningkatan. Namun, kalau kita lihat dari ekspor komoditas mineral terjadi penurunan, dan non mineral terjadi peningkatan. Tapi, tetap saja impor kita lebih besar," ujar Gubernur BI Agus Martowardojo di Jakarta, Kamis (5/6/2014).

Agus menjelaskan, jika dilihat dari sisi nilai tukar rupiah, perlu dilihat bagaimana neraca perdagangan dalam negeri. Selain itu, perlu juga melihat terkait sektor jasa dan pendapatan.

"Di mana terjadi fenomena defisit dan itu yang perlu diperbaiki. Kita juga mesti antisipasi terhadap global, di mana perkembangan negara Tiongkok (China) yang pertumbuhan ekonominya pada 20 tahun yang lalu terus tumbuh rata-rata 10,4%, sekarang hanya tumbuh 7,4%. Ini bisa berdampak ke Indonesia," ungkapnya.

Selain itu, Agus tidak mernargetkan di luar melemahnya nilai tukar rupiah. "Bank Indonesia akan terus menjaga stabilitas. Mengenai nilai tukar, itu mencerminkan perekonomian Indonesia dan tentu menjaga bagaimana neraca perdagang surplus kembali. Secara umum transkasi kita berjalan dengan baik," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7878 seconds (0.1#10.140)