Menperin Tak Enak Pulau Jawa Mendominasi Industri

Kamis, 19 Juni 2014 - 11:21 WIB
Menperin Tak Enak Pulau Jawa Mendominasi Industri
Menperin Tak Enak Pulau Jawa Mendominasi Industri
A A A
JAKARTA - Menteri Perindustrian MS Hidayat merasa tidak enak karena Pulau Jawa mendominasi sektor industri. Karena itu, dia menegaskan, perlunya pemerataan pembangunan sektor industri di wilayah lain, tidak hanya di Pulau Jawa

"Di sini kita lihat, Jawa Barat jumlah industri sebanyak 23 industri dengan luas area 11.881.00 hektare. Kemudian persentase luas 39,55%," ujar dia dalam sambutannya di acara Rapat Kerja Nasional ke-16 Himpunan Kawasan Industri Indonesia (HKI) tahun 2014 di Jakarta, Kamis (19/6/2014).

Hidayat menuturkan, masih ada wilayah lain di Indonesia yang memiliki potensi untuk pembangunan industri. Namun, banyak kendala yang dihadapi, seperti masalah harga lahan yang meningkat karena spekulan tanah yang menjual tanah kepada pengembangan dengan harga tinggi.

"Terkadang malah harganya jauh di atas harga yang ditetapkan dalam perencanaan," ujar dia.

Selain mahalnya harga lahan, kurangnya infrastruktur dasar untuk mendukung kawasan industri memaksa pengembang kawasan industri harus menyediakan dan membangunnya.

Oleh sebab itu, sektor pembangunan industri banyak dilakukan di wilayah Jabotabek mengingat harga lahan lebih stabil. Namun ini akan segera dialihkan ke luar Jabotabek, khususnya Jawa Barat.

"Ya saya sebagai Menteri Perindustrian merasa tidak enak, seolah-olah saya hanya mempromosikan Jawa Barat saja pada sektor industri. Padahal daerah lain juga ingin sekali kami bangun untuk sektor industri. Mudah-mudahan dengan keterbatasan-keterbatasan yang kita miliki, kita dapat membangun industri di pulau lain nantinya," ujar Hidayat.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5442 seconds (0.1#10.140)