Harga Turun Sebabkan Petani Enggan Tanam Cabai

Jum'at, 27 Juni 2014 - 14:35 WIB
Harga Turun Sebabkan Petani Enggan Tanam Cabai
Harga Turun Sebabkan Petani Enggan Tanam Cabai
A A A
JAKARTA - Menteri Pertanian Suswono menanggapi masalah penurunan harga yang cukup signifikan terhadap cabai di Pasar Induk Kramatjati yang akan berimbas kepada petani cabai.

"Penurunan harga petani sering dihadapkan pada posisi dia enggan untuk menanam kembali. Oleh karena itu kami berharap Pak Menko turun langsung sendiri memahami persoalan lapangan," ujarnya usai sidak Pasar Kramatjati, Jakarta, Jumat (27/6/2014).

Dirinya berharap, mudah-mudahan dengan upaya Menteri Perekonomian turun sendiri memahami persoalan lapangan, nanti ada solusi bagaimana petani tidak direpotkan pada saat tertentu panen raya ataupun pada melimpah.

"Jadi ini semua bisa dijaga dengan kondisi, bagamana keseimbangan untuk supply dan demand-nya," ujar dia.

Suswono menambahkan, penyebabnya saat ini panen bagus, tidak terganggu cuaca, maka panen di petani saat ini cukup melimpah. "Inilah yang saya kira ke depan bahwa masyarakat ini jangan selalu mengonsumsi cabai segar, ketika produksi yang ada ini bisa dikeringkan, tapi pada petani dia bisa menjual yang lebih menguntungkan," ujar dia.

Menurut dia, ada bagusnya bila nanti BUMN seperti Bulog untuk menyelamatkan harga pada saat harga jatuh seperti saat ini.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.8105 seconds (0.1#10.140)