IMF Isyaratkan Pangkas Ekonomi Global

Senin, 07 Juli 2014 - 13:30 WIB
IMF Isyaratkan Pangkas Ekonomi Global
IMF Isyaratkan Pangkas Ekonomi Global
A A A
PARIS - Managing Director Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde mengisyaratkan akan memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi global. Di mana aktivitas ekonomi dunia harus diperkuat pada semester kedua tahun ini dan mempercepat pada 2015, meskipun momentum lebih lemah dari perkiraan.

Lagarde menuturkan kebijakan akomodatif bank sentral mungkin hanya memiliki dampak terbatas pada permintaan dan negara-negara harus meningkatkan pertumbuhan dengan melakukan investasi di bidang infrastruktur, pendidikan dan kesehatan, asalkan utang mereka tetap terjaga.

"Update prospek ekonomi global IMF pada akhir bulan ini, akan sangat sedikit berbeda dari perkiraan yang diterbitkan pada April," ujarnya, seperti dilansir dari Independent, Senin (7/7/2014).

Pada April lalu, IMF telah memperkirakan bahwa output global akan tumbuh 3,6% pada 2014 dan 3,9% pada 2015.

"Kegiatan global mengambil momentum tetapi bisa kurang kuat dari yang kita duga karena potensi pertumbuhan lebih lemah dan investasi tetap landai," katanya dalam sebuah konferensi ekonomi di Prancis.

Lagarde membuat permohonan untuk lebih banyak investasi publik, dengan menyebutkan bahwa defisit investasi baik di sektor publik maupun swasta telah menyeret pertumbuhan turun di sebagian besar negara.

"Meskipun banyak tanggapan terhadap krisis ... pemulihan sederhana, melelahkan, rapuh, dan langkah-langkah meningkatkan permintaan, serta niat baik bank sentral akan menemukan batas," ujarnya.

"Karena itu, kami harus mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan upaya memperkuat pertumbuhan," tambahnya.

"Ini adalah kesempatan di sejumlah negara untuk meluncurkan investasi, tanpa mengancam kelangsungan hidup keuangan publik," terangnya.

Lagarde menambahkan, IMF tidak melihat terjadi perlambatan besar di China. "Melihat negara-negara Asia muncul, dan khususnya Cina, kami yakin tidak melihat perlambatan brutal tetapi perlambatan pertumbuhan sederhana, yang kita lihat pada angka 7-7,5% tahun ini," ujarnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5848 seconds (0.1#10.140)