Sinarmas MSIG Life Targetkan Kontribusi Bisnis Syariah 50%

Selasa, 05 Agustus 2014 - 08:10 WIB
Sinarmas MSIG Life Targetkan Kontribusi Bisnis Syariah 50%
Sinarmas MSIG Life Targetkan Kontribusi Bisnis Syariah 50%
A A A
JAKARTA - Perusahaan asuransi jiwa Sinarmas MSIG Life optimis dengan potensi pasar asuransi syariah di Indonesia. Bisnis syariah ditargetkan dapat memberikan kontribusi premi hingga 50% di akhir tahun 2014.

Kepala Divisi Syariah dan Pensiun Sinarmas MSIG Life Rizky Pandu Pribadi mengatakan pasar bisnis syariah semakin berkembang. Pertumbuhan bisnis syariah mencapai 60% pada kuartal pertama 2014 dibanding periode sama di 2013. Sementara untuk pembagiannya, premi bisnis syariah tumbuh sekitar 83% pada semester pertama.

"Pertumbuhan market share asuransi syariah setiap tahunnya selalu menunjukkan hasil yang positif dengan rata-rata 5-10%. Hal tersebut ditopang oleh populasi Indonesia yang mayoritas Muslim dan meningkatnya kepercayaan masyarakat untuk pengelolaan uang dengan penerapan sistem syariah," ujar Rizky beberapa waktu lalu di Jakarta.

Dia mengatakan saat ini kontribusi produk asuransi mikro syariah tercatat sekitar 33% dari total kontribusi UUS perseroan. Di kuartal pertama tahun ini total pendapatan premi bisnis syariah mencapai Rp51,42 miliar dan Rp2,3 triliun untuk konvensional. Sedangkan total aset syariah mencapai Rp392,09 miliar dan Rp19,35 triliun untuk konvensional.

"Untuk jalur agen perseroan saat ini mencapai 9.300 agen dan diharapkan dapat 10ribu agen tahun ini," ujarnya.

Tidak hanya jalur agen namun perseroan juga didukung jalur lainnya. Mengacu pada polis yang masih aktif hingga saat ini, perseroan telah menjalin kerjasama dengan setidaknya 68 bank. Di samping lembaga keuangan lain seperti koperasi, lembaga pembiayaan dan Bank Perkreditan Rakyat.

Sebelumnya perseroan meluncurkan Program Sosial Nasabah ‘Berbagi Sesama’. Program yang diinisiasi oleh UUS ini akan menjadikan perseroan sebagai perusahaan asuransi jiwa pertama di Indonesia yang menawarkan manfaat lengkap kepada nasabah, yaitu kesempatan untuk berbagi kepada sesama disamping manfaat perlindungan dan investasi.

Dua hal yang menjadi fondasi utama gagasan program ini adalah pertumbuhan asuransi syariah di Indonesia yang menonjol serta meningkatnya solidaritas sesama untuk melakukan derma/beramal.

“Selain itu, banyaknya kegiatan filantropi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia dan kuatnya solidaritas antarsesama, menjadi latar belakang diluncurkannya program Berbagi Sesama," terangnya.

Dalam menyukseskan program ini, Sinarmas MSIG Life menggandeng empat mitra lembaga filantropi terkemuka yakni Eka Tjipta Foundation (Yayasan Dharma Eka Tjipta Widjaja), Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Dompet Dhuafa dan Badan Wakaf Indonesia (BWI).

Pada Program Sosial Nasabah ‘Berbagi Sesama’, Sinarmas MSIG Life bersama empat organisasi tersebut akan memberikan fasilitas tambahan untuk melakukan pembayaran zakat, infaq, hewan kurban dan donasi kepada para nasabah yang memiliki produk unit link Syariah berpremi reguler yakni: SMiLe Link 99 Syariah, SMiLE Link 88 Syariah, SMiLe Link Syariah dan produk regular unit link syariah lainnya.

Dalam prosesnya, nasabah adalah donator dan menunjuk Unit Usaha Syariah Sinarmas MSIG Life sebagai wakil donatur serta memiliki polis syariah untuk berinvestasi, selanjutnya mengisi form kepesertaan program sosial nasabah untuk melakukan transfer dana keperluan sesuai keinginan nasabah (zakat, infaq, kurban atau donasi). Setelah itu nasabah akan menerima laporan penyaluran dari lembaga sosial yang ditunjuk.

Nasabah dapat mempercayakan nilai yang didonasikan melalui keempat lembaga sosial tersebut karena sebagai lembaga pengumpul dana terkemuka di Indonesia, dengan jangkauan akses penyaluran donasi secara nasional, mereka sudah mengaplikasikan manajemen organisasi yang terstruktur dan bekerja secara profesional, sehingga kepercayaan masyarakat kepada lembaga-lembaga tersebut tidak diragukan lagi.

“Dengan memiliki akses yang luas dan cepat serta skala nasional, masyarakat diberikan pilihan untuk dapat melakukan kontribusi pemberian donasi sesuai dan tepat dengan keinginannya tanpa halangan dan tertunda,” ujarnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7748 seconds (0.1#10.140)