Pefindo: Prospek Peringat AA- MAPI Stabil

Kamis, 04 September 2014 - 15:34 WIB
Pefindo: Prospek Peringat AA- MAPI Stabil
Pefindo: Prospek Peringat AA- MAPI Stabil
A A A
JAKARTA - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat idAA- untuk PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), dengan prospek stabil.

Peringkat yang sama juga diberikan untuk Obligasi I/2009 seri B dan Obliogasi Berkelanjutan I/2012-2014, dengan nilai maksimal mencapai Rp1,5 triliun. Pefindo juga memberikan peringkat idAA-(sy) untuk Sukuk Ijarah I/2009 seri B yang diterbitkan perusahaan.

Analis Pefindo Rian Abdi Gunawan mengatakan, peringkat tersebut mencerminkan posisi pasar perusahaan yang kuat di industri ritel modern, didukung konsep ritel (merek) yang kuat dan terdiversifikasi dengan baik.

"Selain itu, juga didukung lokasi toko-toko perusahaan yang cukup tersebar dan proteksi arus kas yang kuat," kata dia dalam rilisnya, Kamis (4/9/2014).

Kendati demikian, menurut dia, peringkat itu dibatasi besarnya belanja modal perusahaan dan ketatnya persaingan di tengah terbatasnya ruang komersial di kota-kota besar utama.

Sebagai pemain ritel terbesar di Indonesia, MAPI fokus melayani segmen pasar menengah dan menengah atas. Per akhir Juni, pemegang saham utama perusahaan adalah PT Satya Mulia Gema Gemilang, dengan kepemilikan saham mencapai 56%.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4614 seconds (0.1#10.140)