Angkutan Umum Hanya Minum BBM Subsidi 3%

Rabu, 24 September 2014 - 14:18 WIB
Angkutan Umum Hanya...
Angkutan Umum Hanya Minum BBM Subsidi 3%
A A A
JAKARTA - Sekretaris SKK Migas Gde Pradnyana mengatakan, sebanyak 92% BBM subsidi yang digunakan sektor transportasi, hanya 3% yang dinikmati angkutan umum.

"Konsumen kita sebesar 92% untuk sektor transportasi, dan sekitar 8% untuk lain-lain," katanya di Jakarta, Rabu (24/9/2014).

Menurutnya, saat ini pemerintah lebih menerapkan pilar konsumsi BBM yang sudah terbalik. Saat ini angkutan umum terlihat seperti dilepas, dan mobil pribadi terkesan dilindungi.

Gde menuturkan, dari kuota BBM subsidi yang disediakan pemerintah setiap tahun, lebih didominasi premium. Namun, ketepatan sasaran dalam mengonsumsi BBM subsidi belum berhasil.

Hal itu dikarenakan, 92% BBM subsidi yang digunakan sektor transportasi, hanya 3% yang dinikmati angkutan umum, sepeda motor sebesar 40%, dan 53% untuk mobil pribadi.

Masalah ini, lanjut Gde, masih menjadi polemik dan pekerjaan rumah bagi pemerintah untuk membenahi tata kelola energi nasional, agar konsumsi BBM subsidi di Indonesia tepat sasaran.

"Yang menjadi target utama dan dilindungi seyogyannya adalah angkot, sehingga tidak menggerogoti secara berlebihan," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0716 seconds (0.1#10.140)