Garuda Tuntaskan Penerbangan Haji Phase Keberangkatan

Minggu, 28 September 2014 - 21:51 WIB
Garuda Tuntaskan Penerbangan Haji Phase Keberangkatan
Garuda Tuntaskan Penerbangan Haji Phase Keberangkatan
A A A
JAKARTA - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk hari ini telah menyelesaikan penerbangan haji phase I, yaitu keberangkatan calon jemaah haji dari tanah air ke tanah suci.

Dalam keterangan tertulisnya yang diterima Sindonews, Minggu (28/9/2014), penerbangan kloter terakhir phase I tersebut ditandai dengan keberangkatan Garuda (GA 2108) yang membawa calon jemaah haji gabungan dari tiga embarkasi, yaitu embarkasi Lombok, Makassar dan Banda Aceh.

Sementara keberangkatan dari Banda Aceh dilaksanakan pada pukul 13.45 WIB dan direncanakan mendarat di Jeddah pada hari ini, pukul 17.05 waktu setempat.

Tibanya penerbangan terakhir (GA 2108) di Jeddah, pada phase I musim haji 2014/1435H Garuda Indonesia telah menerbangkan total 82.961 calon jemaah haji dari rencana 83.144 jemaah.

Mereka berasal dari 10 embarkasi dalam 206 kelompok terbang (kloter). Sebanyak 183 jemaah tidak dapat diberangkatkan akibat sakit.

Untuk keamanan dan kenyamanan para jemaah, Garuda Indonesia mengimbau para jamaah agar tidak membawa barang berbahaya (dangerous goods) ke pesawat, antara lain kompor minyak, gas, korek api, senjata tajam, gunting panjang, hair-spray atau parfum dalam tabung semprot, dan lainnya.

Bila membawa barang barang elektronik, baterainya harus dilepas. Garuda Indonesia juga meminta jamaah agar tidak menerima titipan barang dalam bentuk apapun dari orang lain untuk dibawa ke dalam pesawat.

Hal ini untuk mencegah adanya perbuatan yang tidak bertanggung jawab dari pihak-pihak tertentu, yang dapat mengancam keselamatan dan keamanan penerbangan.

Para jamaah juga diharapkan dapat mematuhi ketentuan yang disepakati antara Departemen Agama dan Garuda Indonesia, yaitu tidak membawa barang bawaan yang melebihi berat 32 Kg.

Barang bawaan tersebut terdiri dari satu kopor, satu tas tentengan di kabin dan tas paspor. Garuda akan memberikan secara cuma-cuma lima liter air zam-zam kepada setiap jamaah di bandara debarkasi Indonesia.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6869 seconds (0.1#10.140)