Menteri ESDM: Cadangan Minyak RI Tinggal 12 Tahun

Sabtu, 01 November 2014 - 11:25 WIB
Menteri ESDM: Cadangan Minyak RI Tinggal 12 Tahun
Menteri ESDM: Cadangan Minyak RI Tinggal 12 Tahun
A A A
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said menegaskan, bahwa cadangan minyak di Indonesia saat ini usianya tinggal 12 tahun ke depan.

Itupun, kata dia, cadangan minyak tersebut dapat bertahan jika tidak dilakukan eksplorasi.

"Resourch kita ini tinggal untuk 12 tahun, itu juga kalau kita enggak melakukan eksplorasi," katanya dalam diskusi di Pisa Kafe, Jakarta, Sabtu (1/11/2014).

Menurut mantan direktur utama PT Pindad ini, cadangan minyak Indonesia saat ini juga berada di tempat yang sulit dan tidak mudah diambil.

Dia mengatakan, cadangan minyak permukaan yang mudah untuk diambil sudah habis tak tersisa.

"Tidak ada sumber minyak yang mudah digali lagi. Saat ini tempatnya bergeser ke Indonesia Timur dan itupun berada di laut dalam sampai ke paling dalam. Eksplorasi akan sangat mahal sekali," ujarnya.

Sudirman mengakui, ke depan tidak mudah untuk mengambil minyak di Indonesia. Kementerian ESDM dalam hal ini akan sangat hati-hati dalam pemilihan dan perekrutan pemain hulu di migas.

"Hulu nantinya harus diberikan kepada pihak-pihak yang punya kemampuan. Kita akan saring mereka dan jangan sampai pemain hulu jatuh pada pemburu yang mereka hanya beli lapangan kemudian berdagang saja tidak dieksplorasi," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1858 seconds (0.1#10.140)