Kemenkop dan UKM Salurkan Kredit Mikro Melalui BRI

Kamis, 20 November 2014 - 13:29 WIB
Kemenkop dan UKM Salurkan Kredit Mikro Melalui BRI
Kemenkop dan UKM Salurkan Kredit Mikro Melalui BRI
A A A
JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gde Ngurah Puspayoga mengatakan, untuk pemberian kredit bagi pedagang kecil, pihak pemerintah akan bekerja sama dengan Bank BRI.

Hal tersebut atas dasar beberapa pertimbangan. Salah satunya adalah, karena perbankan milik pemerintah tersebut memiliki NPL yang lebih kecil dari bank lain.

"Jadi, kita punya yang namanya lembaga dana bergulir. Lembaga ini nantinya untuk usaha mikro. Itu khususnya ya. Saat ini kita sudah bicarakan sama Bank BRI. BRI akan menjadi salah satu penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) ini buat usaha mikro kita," ujar dia di Jakarta, Kamis (20/11/2014).

Sampai dengan saat ini, Menkop UKM sudah bertemu tatap dengan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro terkait dengan kegiatan tersebut. Namun, belum ada keputusan, karena masih dalam pengkajian.

"Sudah ketemu Pak Menkeu, tapi belum tahu hasilnya. Kemarin beliau bilang katanya mau ditinjau lagi soal KUR ini. Kita sampaikan ke menkeu, untuk KUR ini NPL-nya 4,2% secara nasional," ujar Puspayoga.

Dengan besaran NPL 4,2%, Puspayoga mengatakan akan memprioritaskan kegiatannya pada usaha mikro masyarakat yang memang membutuhkan.

"Di sini kita fokuskan untuk Mikro. Kita prioritaskan juga untuk pedagang-pedagang kecil yang memang membutuhkan KUR tersebut," ujar dia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8453 seconds (0.1#10.140)