Pemerintah Kembangkan Kawasan Industri Terpadu di Lampung

Senin, 24 November 2014 - 20:45 WIB
Pemerintah Kembangkan Kawasan Industri Terpadu di Lampung
Pemerintah Kembangkan Kawasan Industri Terpadu di Lampung
A A A
Pemerintah berencana membangun kawasan industri terpadu di Tarahan, Lampung Selatan. Pembangunan kawasan industri ini dilakukan untuk mengoptimalkan aset-aset yang dimiliki Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) beserta sejumlah kabinet menterinya pada Selasa (25/11) besok direncanakan melakukan kunjungan kerja (kunker) di beberapa tempat di Lampung.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, dalam pertemuannya dengan Menteri BUMN Rini Soemarno sempat membahas rencana kunker tersebut.

"Kebetulan besok ada kunjungan presiden ke Lampung, itu kan rencana mendevelop kawasawan terpadu," ujar Said saat ditemui sejumlah media di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (24/11/2014).

Menurut dia, dalam kunker tersebut Presiden Jokowi beserta jajaran Menteri Kabinet Kerja akan membahas kawasan industril, powerplant hingga pengembangan jalan tol di wilayah Lampung.

Nantinya di dalam kawasan industri tersebut akan diperbantukan oleh salah satu perusahaan BUMN, PT Bukit Asam (Persero) Tbk (PTBA). Bukan hanya itu, nantinya kawasan industri tersebut juga akan menggunakan lahan milik perusahaan BUMN.

"Karena Pertamina punya lahan luas sekali di Lampung sekitar 3.000 hektar. Lalu ada industri, powerplant, koneksi jalan tol dan kereta api beserta pelabuhan nanti rencananya akan menggarisbawahi terkait tersebut dan bagaimana merealisasikan," ungkapnya.

Said mengungkapkan, salah satu program pemerintah saat ini adalah ingin mempercepat pembangunan infrastruktur guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Oleh karena itu, pemerintah akan memanfaatkan aset-aset BUMN yang memiliki potensi bagus tapi belum dimanfaatkan.

"Ini lintas kementerian. Diantara ada Pertamina dan ASDP (Angkutan Sungai dan Penyeberangan) juga punya lahan di situ. Kita lihat aset aset BUMN dioptimalkan untuk percepatan infrastruktur," ungkapnya.

Dalam rencananya, kunker ini akan dihadiri Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri ESDM Sudirman Said dan Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0275 seconds (0.1#10.140)