Harga Cabai Naik, Mendag Akan Cari Solusi

Selasa, 25 November 2014 - 09:50 WIB
Harga Cabai Naik, Mendag Akan Cari Solusi
Harga Cabai Naik, Mendag Akan Cari Solusi
A A A
JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI menyatakan belum ada penanganan terhadap lonjakan harga cabai, namun akan mencari solusi.

Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel mengatakan, belum adanya penanganan terhadap kenaikan harga cabai karena merupakan komoditas dengan harga musiman.

"Belum ada penanganannya karena cabai ini harganya musiman," ujarnya saat melakukan peresmian Pasar Lokasi Binaan Meruya Ilir di Meruya, Jakarta (25/11/2014)

Rachmat menambahkan, kenaikan harga cabai bukan akibat dari naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi beberapa waktu lalu. Menurut dia, kenaikan harga cabai karena kurangnya suplai ke pedagang.

"Dampak dari kenaikan BBM ke harga cabai itu kecil. Yang saya dapatkan sekarang, suplai hanya sedikit, sedangkan pedagang banyak yang ingin beli, jadinya tinggi-tinggian penawaran, itu yang terjadi sekarang," pungkasnya.

Terkait kondisi ini, dia mengaku bahwa pihaknya bersama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) sedang melakukan koordinasi agar kenaikan harga cabai tidak terulang.

Selain itu, antarkementerian terkait juga sedang mempelajari dalam menggunakan teknologi tanam hingga panen agar produksi bisa memenuhi permintaan, sehingga harga cabai tidak terus melambung karena kurangnya suplai.

"Karena cabai produk musiman dan harganya memang lain. Kejadian bukan hanya tahun ini, tahun sebelumnya juga terjadi. Ini yang kita cari bagaimana solusinya," ujar dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7455 seconds (0.1#10.140)