Mendag Bantah Indonesia Impor Gula

Senin, 15 Desember 2014 - 15:09 WIB
Mendag Bantah Indonesia Impor Gula
Mendag Bantah Indonesia Impor Gula
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel menegaskan bahwa Indonesia tidak pernah membuka keran impor gula untuk industri makanan dan minuman (mamin).

Menurutnya, keran impor yang dibuka adalah untuk bahan yang terkandung di dalam gula rafinasi tersebut, yakni raw sugar atau gula mentah.

"Begini, produk gula rafinasi itu ada standartnya dan itu bahan bakunya seperti yang kita tahu adalah raw sugar, dan itu belum ada pabrik di Indonesia yang bisa membuat raw sugar sebaik yang dibikin di luar negeri untuk gula rafinasi bahan baku makanan dan minuman," ujarnya di Jakarta, Senin (15/12/2014).

Mendag mengatakan, satu-satunya cara cuma satu, yaitu Indonesia mesti impor dan tidak bisa jika tidak impor raw sugar.

"Kalau untuk industri seperti itu. Tapi kalau ini dipaksakan (tetap menggunakan gula berbahan lokal), pabrik kita enggak bisa nerima gimana? Kita harus menyesuaikan. Kebutuhan industri itu harus kita sesuaikan. Kita harus buat produk yang sesuai dengan industri. Enggak bisa maksa. Kalau maksa nanti pabriknya pindah gimana?" tuturnya.

Menurut informasi, Indonesia memang melakukan impor untuk raw sugar dikarenakan raw sugar impor lebih bagus kualitasnya dibandingankan raw sugar milik Indonesia yang agak kecokelatan dan tidak bersih.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5699 seconds (0.1#10.140)