Dominasi Penggunaan USD Penyebab Rupiah Lemah

Sabtu, 03 Januari 2015 - 07:28 WIB
Dominasi Penggunaan USD Penyebab Rupiah Lemah
Dominasi Penggunaan USD Penyebab Rupiah Lemah
A A A
SOLO - Pengamat ekonomi dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Malik Cahyadi mengatakan, dominasi penggunaan dolar AS (USD) menjadi pemicu nilai tukar rupiah melemah.

Dia menjelaskan, menguatnya USD atas rupiah salah satunya lantaran bahan baku produksi di Indonesia kebanyakan masih impor. Praktis mata uang yang digunakan adalah USD, termasuk utang swasta.

"Selain itu pemerintah juga harus bisa melakukan pengendalian impor bahan baku industri dalam bentuk USD, dan juga percepatan infrastruktur," jelasnya di Solo, Jawa Tengah, Jumat (2/1/2015).

Dia mencontohkan, dalam industri tekstil dan produk tekstil (TPT), lantaran kapas di dalam negeri kualitasnya kurang cocok, terpaksa harus mengimpor dari luar negeri.

"Kalau tidak bisa harus impor, dan butuh dolar dalam jumlah yang banyak di wilayah Indonesia. Rupiah juga akan tetep sulit untuk menguat," jelas Malik.

Terlebih, saat ini masih banyak perusahaan swasta yang melakukan pembayaran utang luar negeri menggunakan USD. Hal tersebut turut berdampak terhadap nilai tukar rupiah
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7069 seconds (0.1#10.140)